Entertainment

Soal Adegan LGBT di Film Lightyear, LSF Buka Diskusi dengan Disney

Rabu, 15 Juni 2022 - 01:24 | 58.13k
Poster film Lightyear (Foto: IG/pixarslightyear)
Poster film Lightyear (Foto: IG/pixarslightyear)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lembaga Sensor Film Indonesia membuka diskusi dengan pihak Disney soal adegan LGBT pada film Lightyear

Dikutip dari CNN Indonesia, Rommy Fibri Hardianto mengatakan pihaknya sudah menyarankan Disney untuk mempertimbangkan lagi adanya adegan ciuman sesama jenis dalam film animasi tersebut. Adegan dilakukan oleh space ranger bernama Alisha yang membangun rumah tangga dengan seorang perempuan.

LSF sendiri sudah meninjau ulang film Lightyear yang dikirimkan Disney pada Mei lalu. 

"Kami tidak menyarankan adegan itu dihapus, silakan pemilik film membuat keputusan sendiri mau diapakan adegan itu, kami menyerahkan pada pemilik filmnya," kata Rommy. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan penyensoran LSF berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2019. Peraturan ini berisi pedoman dan kriteria penyensoran yang berdasar penggolongan usia penonton, dan penarikan film serta iklan film dari peredaran. 

Berdasarkan peraturan Menteri itu, adegan ciuman sesama jenis termasuk perilaku seks menyimpang dan tidak wajar. 

Kini LSF masih menunggu jawaban dari pihak Disney. Rommy menegaskan selama belum mendapatkan Surat Tanda Lulus Sensor (STLS) film Lightyear belum bisa tayang. 

Sebagai informasi, film Lightyear juga tidak lulus sensor di 14 negara kawasan Asia, dan Timur Tengah. Bahkan informasi terbaru, film yang mengisahkan petualangan antariksa itu juga tidakakan tayang di China. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES