Pendidikan

Mahasiswa Universitas Ma'arif Hasyim Latifz Sidoarjo Ciptakan Aplikasi Bengkel Reparasi Online

Selasa, 14 Juni 2022 - 17:56 | 32.22k
Mahasiswa dari team Bro Teknik Mesin Universitas Ma’arif  Hasyim Latifz Sidoarjo  saat menunjukkan kerja Aplikasi BRO (foto dok team bro)
Mahasiswa dari team Bro Teknik Mesin Universitas Ma’arif  Hasyim Latifz Sidoarjo saat menunjukkan kerja Aplikasi BRO (foto dok team bro)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Berkembangnya dunia digital dimanfaatkan oleh sejumlah Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Ma’arif  Hasyim Latifz Sidoarjo untuk menciptakan sebuah aplikasi Online yang difokuskan pada reparasi kendaraan bermotor.

Aplikasi Bengkel Reparasi Online (BRO) di ciptakan Mahasiswa tersebut sebagai langkah modernisasi dunia reparasi konvensional menuju era digital.

"Tujuan utama diciptakannya aplikasi BRO ini untuk membantu mengembangkan bengkel-bengkel sparepart yang menduduki taraf menengah ke bawah. Selain itu membantu mengasah keahlian dan kemampuan lulusan-lulusan SMK yang masih menganggur," kata Fatra Bangun Sanjaya, perwakilan team Bro kepada TIMES Indonesia, Selasa (14/6/2022).

Universitas-Maarif-Hasyim-b.jpg

Fatra menambahkan jika pengembangan, gagasan serta ide kami sudah ada sejak 2 tahun lalu. Karena kesulitan kami dalam hal pendanaan, akhirnya kami pun berusaha mengikutkan BRO ke sejumlah kompetisi. 

"Adapun kompetisi yang kami ikutkan seperti PKM (Pekan Kreatifitas Mahasiswa) oleh LLDIKTI tahun 2020, PKM internal oleh kampus UMAHA tahun 2020, PKM oleh LLDIKTI tahun 2021, KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia) oleh LLDIKTI tahun 2021 dan yang terakhir PKM oleh LLDIKTI tahun 2022," imbuh Fatra

Setelah beberapa kali mengikutkan BRO ke sejumlah kompetisi dan merevisi proposal yang sebelum-sebelumnya dan belum mendapatkan hasil yang diinginkan. 

"Pada puncaknya team BRO sekali lagi mencoba mengikutsertakan BRO ke kompetisi PKM oleh LLDIKTI tahun 2022 yang akhirnya lolos biaya pendanaan dan mengalokasikan sepenuhnya biaya pendanaan untuk aplikasi BRO sehingga aplikasi BRO benar-benar dapat digunakan," papar Fatra

Lebih jauh Fatra menambahkan jika Aplikasi BRO ini memberikan banyak manfaat bagi pengusaha bengkel kecil untuk mengembangkan usahanya.

"Selain itu membuka lowongan pekerjaan bagi teknisi di bidang otomotif, Fresh Graduate untuk lulusan SMK otomotif dan mengefisiensi serta mempermudah masyarakat dalam merawat suku cadang kendaraan bermotor mereka," ungkapnya.

“Aplikasi BRO mengajak para mitra bengkel sparepat, mekanik mengakses dan menggunakan Aplikasi BRO untuk kepentingan usaha mereka yang dikemas dan dihubungkan melalui aplikasi Online ini,” tambah Fatra.

Fatra menjelaskan jika Aplikasi Bro beroprasi dan siap melayani masyarakat selama 24 jam. Aplikasi dapat digunakan selama mitra bengkel dan teknisi mengaktifkan aplikasi BRO. 

"Apabila konsumen tidak mendapatkan mitra bengkel mapun teknisi pada waktu tersebut maka dapat langsung menghubungi admin Bro pada kolom yang disediakan. Setelah itu admin BRO akan membantu sesuai kebutuhan komsumen," jelasnya.

Universitas-Maarif-Hasyim-c.jpg

"Aplikasi BRO dapat diakses dan dioperasikan melalui Smartphone yang sudah mendownload aplikasi BRO pada Playstore maupun Appstore. Setelah smartphone sudah terakses aplikasi BRO dan terhubung dengan paket data maka para mitra bengkel sparepart, mekanik maupun masyarakat bisa menggunakannya di mana dan kapan saja," pungkas Fatra

Sementara itu, Riki Danar, pemilik bengkel Berkah Baru Motor di Desa Ketawang, Kecamatan Sukodono menambahkan, pihaknya sangat berterimakasih pada team BRO atas adanya aplikasi ini. 

"Pemasukan bengkel saya mengalami peningkatan dan tidak sepi pengujung serta banyak konsumen yang memesan perbaikan motor melalui aplikasi BRO," ungkapnya mengapresiasi aplikasi ciptaan mahasiswa Universitas Ma’arif  Hasyim Latifz Sidoarjo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES