Pemerintahan

Situasi Covid-19 Jatim Melandai, Gubernur Jatim Khofifah Minta Vaksinasi Lansia Diprioritaskan

Selasa, 14 Juni 2022 - 17:46 | 29.51k
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (foto: Humas Pemprov Jatim/TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (foto: Humas Pemprov Jatim/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menuturkan bahwa vaksinasi masih dianggap sebagai perlindungan paling efektif untuk menekan angka Covid-19 di Jatim.

Situasi Covid-19 di Jatim memang semakin melandai, meskipun melonjak tidak terlalu signifikan. Semua kabupaten/kota juga sudah berstatus level 1 PPKM. Belum lagi, mayoritas warga sudah menjalani vaksinasi.

Pekerjaan terberat saat ini untuk Satgas Covid-19 untuk menyisir masyarakat yang belum pernah melakukan vaksinasi sama sekali. Data terakhir Satgas Covid-19 di Jatim mencapai 2.002.218 yang belum mendapatkan vaksin sama sekali yang tersebar di wilayah kabupaten/ kota di wilayah Jawa Timur.

Yang belum menerima vaksin memang mempunyai presentase kecil, tetapi hal tersebut juga dapat mengkacaukan herd immunity yang sudah dibangun di Jatim. Data tersebut menjelaskan bahwa yang belum mendapatkan vaksinasi adalah lansia hingga jumlahnya mencapai 1juta.

Khofifah berharap capaian vaksinasi bagi lansia terus ditingkatkan. Khofifah mengingatkan bahwa keluarga atau lingkungan terdekat menjadi tempat persemaian dan sumber kebahagiaan serta kesejahteraan bagi para lansia.

Untuk itu, Pemprov Jatim memiliki program PKH Plus yang dikhususnya bagi lansia kurang mampu dan lansia yang rentan. Khofifah juga mengajak masyarakat untuk membangun dan menciptakan kebahagiaan di tengah-tengah keluarga, terutama bila di dalam keluarga tersebut ada lansia.

Dengan adanya kebahagiaan tersebut, diharapkan menambah semangat dan kedamaian di hati para lansia.

Pemprov Jatim sendiri terus mendorong peningkatan kualitas layanan bagi lansia. Salah satunya melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Dinas Sosial Jatim. UPT PSTW ini tersebar di 7 kabupaten/kota di Jatim. Yakni Jember, Pasuruan, Blitar, Jombang, Magetan, Banyuwangi dan Bondowoso.

Untuk terus mengendalikan kasus Covid-19, Gubernur Khofifah  terus mengingatkan untuk warga Jatim agar tetap menegakan protokol kesehatan khususnya di tempat umum atau di keramaian.

"Mari kita tetap menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar, meski pelonggaran telah diterbitkan tetap jaga standart protokol kesehatan," ungkap Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES