Pendidikan

Tanamkam Jiwa Kewirausahaan, SD Al-Muslim Gelar Kids Enterpreneurship Day

Selasa, 14 Juni 2022 - 15:57 | 66.17k
Beberapa stand di kegiatan Kids Enterpreneurship Day SD Al-Muslim. (foto: Humas SD Al-Muslim)
Beberapa stand di kegiatan Kids Enterpreneurship Day SD Al-Muslim. (foto: Humas SD Al-Muslim)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Menjadi entrepreneur merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW dalam memajukan ekonomi umat. Sebagai upaya untuk mengasah dan menumbuhkan jiwa entrepreneur yang baik sejak dini, SD Al Muslim mengadakan Kids Entrepreneurship Day (KED). 

KED merupakan kegiatan rutin dua kali dalam setahun yang dinantikan siswa. KED dilaksanakan secara offline di aula SD Al Muslim dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan dengan mengusung tema 'Creative & Responsible Islamic Kidpreneurs'.

Antusias siswa yang didukung penuh oleh orang tua dalam menyambut KED sudah terlihat. Kala guru menyampaikan agenda kegiatan KED, terbayang di benak siswa barang apa  yang dijual dan apa yang mereka akan beli.

SD-Al-Muslim-2.jpg

Kerja sama antara Wali murid dan sekolah berjalan baik. Wali murid turut berperan aktif dalam membantu kegiatan ini. Mulai dari berunding menyiapkan ide stand, barang apa saja yang akan dijual, hingga properti yang dibutuhkan.

Ketua Panitia KED Ustazah Ani menuturkan bahwa dengan kegiatan ini, akan lebih mengakrabkan antar Wali murid, yang dulunya tidak kenal menjadi kenal

"Dengan antusiasnya Wali murid, kerja sama yang baik dengan pihak sekolah, mendorong siswa lebih kreatif lagi dalam berkarya, sesuai proyek yang dicanangkan dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila," jelasnya.

Kegiatan KED ini melanjutkan program yang sudah berjalan pada semester gasal. Siswa membuat perencanaan yang akan direalisasikan pada semester genap ini.

Konsep perencanaan yang sudah dibuat dimatangkan kembali dengan berdiskusi menentukan tema, apa yang dijual, belajar cara promosi yang baik, hias stan, dan kostum yang dipakai promosi.

Ini semua dirundingkan dan didiskusikan secara matang dan bersama-sama. Sebelum promo ke kelas lainnya, siswa belajar promosi terlebih dahulu di kelas masing-masing dengan bimbingan guru.

SD-Al-Muslim-3.jpg

Kegiatan KED dibagi menjadi 2 yaitu kelas bawah dan kelas atas. Konsep yang diusung adalah by order. Rangkaian kegiatan KED dimulai hari Jumat, 10-14 Juni 2022. Kegiatan pertama siswa melakukan promosi dengan membawa poster yang sudah mereka buat.

Promosi dilakukan secara offline dan online. Promosi secara offline dilakukan di kelas dan dilanjutkan ke kelas yang lain. Selanjutkan promosi secara online bisa melalui IG atau WA.

Kepala SD Al Muslim Ustazah Fatimatuz Zahroh menyampaikan harapannya agar KED ini mampu menumbuhkan jiwa wirausaha siswa kelas 1-6. "Yang kreatif, mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab. Siswa  dapat melakukan proses aplikasi pembelajaran, tentang komunikasi yang baik, kerjasama, dan belajar tentang uang," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES