Peristiwa Internasional

15 Ribu Domba Harus Tenggelam di Lautan Sudan Akibat Kapal Karam

Selasa, 14 Juni 2022 - 09:26 | 35.13k
Penyelamatan domba yang tenggelam dari dalam kapal karam di Sudan. (FOTO: AFP/Getty Images) 
Penyelamatan domba yang tenggelam dari dalam kapal karam di Sudan. (FOTO: AFP/Getty Images) 

TIMESINDONESIA, JAKARTASetidaknyya 15.800 ekor domba harus tenggelam di dalam sebuah kapal pengangkut bernama Badr 1 yang karam di Laut Merah. Kejadian berlokasi tepat di pelabuhan Suakin, Sudan pada Minggu (12/6/2022) kemarin.

Rencananya, domba-domba tersebut akan dikirim ke Saudi Arabia. Penyelamatan terjadi dengan cukup lambat. Menurut pemilik, tak semua domba dapat diselamatkan. Hanya sekitar 700 domba saja yang selamat. Selebihnya meninggal saat tenggelam.

"Mereka yang selamat pun berada dalam kondisi yang kurang sehat, dan kami tidak berharap mereka bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama," ungkap Saleh Salim,  Kepala Divisi Asosiasi Hewan Ternak Sudan.

Penyelamatan-domba-yang-tenggelam-dari-dalam-kapal-karam-di-Sudan-2.jpg

Dilansir dari The Guardian, kerugian diperkirakan mencapai $3.7 Juta atau setara dengan  sekitar Rp 54 Milyar. Namun, dibalik semua kerugian tersebut, beruntungnya seluruh awak kapal berhasil diselmatakan dan tak  meninggalkan korban jiwa.

Pelabuhan Suakin sejatinya masih dalam tahap penyelidikan kasus lain yang menimpa pelabuhan tersebut bulan lalu. Diketahui sebulan kemarin di tempat ini terjadi sebuah kebakaran di area kargo. Kebakaran ini berlangsung sselama berjam-jam dan mengakibatkan kerusakan parah.

Pelabuhan Suakin dulunya merupakan pelabuhan utama di negara tersebut. Namun pemerintah membangun pelabuhan Sudan yang terletak di sebelah pelabuhan ini untuk melestarikan bangunan kuno Pelabuhan Suakin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES