Entertainment

Film Disney "Lightyear" Dicekal di Arab Saudi, Ini Penyebabnya

Selasa, 14 Juni 2022 - 00:27 | 98.84k
Film animasi besutan Disney Pixar
Film animasi besutan Disney Pixar

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Film animasi besutan Disney Pixar "Lightyear" dicekal di Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi menilai film ini mengkampanyekan kehidupan asmara sesama jenis atau LGBTQ karena memperlihatkan adegan ciuman sesama jenis.

Sebelumnya, larangan serupa juga terjadi pada film "Doctor Strange in the Multiverse of Madness", "West Side Story" dan "Eternals".

Hollywood Reporter dikutip Senin (13/6/2022) menyebutkan, selain Arab Saudi, "Lightyear" juga akan dilarang tayang di seluruh negara Timur Tengah termasuk Kuwait.

Keputusan tersebut terkait dengan dimasukkannya adegan ciuman sesama jenis dalam spin-off prekuel Toy Story Pixar itu. Adegan yang melibatkan karakter wanita Hawthorne (disuarakan oleh Uzo Aduba) dan pasangannya, awalnya adegan dipotong dari film.

Akan tetapi adegan itu dipulihkan setelah keributan seputar pernyataan dari karyawan Pixar yang mengklaim bahwa Disney telah menyensor "kasih sayang gay yang terang-terangan" dan CEO Disney Bob Chapek yang menangani permintaan "Don't Say Gay" Florida.

"Lightyear" kini menjadi film terbaru yang masuk ke dalam daftar film Disney yang telah dilarang di negara-negara Teluk karena adegan yang melibatkan referensi atau masalah LGBTQ. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES