Pendidikan

UPI Tasikmalaya Gelar MBKM Program Dosen Mengajar

Senin, 13 Juni 2022 - 19:30 | 98.05k
Ruangan Kelas Program PGSD, UniversItas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Tasikmalaya, Senin (13/6/22) (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia Priangan Timur)
Ruangan Kelas Program PGSD, UniversItas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Tasikmalaya, Senin (13/6/22) (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia Priangan Timur)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Mendorong kebijakan pemerintah dalam mempersiapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 pada Program Studi S1 PGPAUD,  UPI Tasikmalaya menggelar Program Dosen Mengajar.

Kampus Merdeka Belajar merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Salah satu dosen pengajar di UPI Kampus Tasikmalaya Dr. H. Risbon Sianturi, SE., M.Ap sewaktu ditemui TIMES Indonesia mengungkapkan dalam program MBKM Dosen Mengajar  ini memuat satu kegiatan yang disebut dengan dosen mengajar, di mana dosen mengajar ini diterjunkan oleh pihak UPI Kampus Tasikmalaya memberikan pelajaran secara langsung di sekolah PAUD.

"Program ini merupakan kebijakan Rector melalui  direktur kampus daerah, yang akan mendorong para dosen memberikan pelajaran secara langsung disekolah PAUD dengan pendampingan guru-guru PAUD yang sudah ada di sekolah,"ungkapnya Senin (13/6/22) di Kampus UPI Tasikmalaya.

Risbon-Sianturi.jpgSalah satu Dosen pengajar di UPI Kampus Tasikmalaya Dr. H. Risbon Sianturi, SE., M.Ap sewaktu ditemui TIMES Indonesia di kampus UPI Kampus, Senin (13/6/22) (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia Priangan Timur)

Menurutnya tugas dari dosen mengajar ini adalah memberikan pembelajaran secara langsung pada anak didik yang mana pembelajaran tersebut adalah Mata Kuliah yang diberikan kepada mahasiswa. 

Namun sekarang dosen tersebut memberikan pembelajaran secara langsung pada anak didik di PAUD yang sudah ditunjuk oleh kampus daerah. 

Program MBKM Dosen mengajar ini bertujuan untuk meningkakan kompetensi, dan menunjukan kebiasaan refkleksi untuk pengembangan diri secara mandiri, sehingga  program ini tidak luput dari bimbingan dosen, sedangkan dengan adanya program dosen mengajar adalah sebagai bahan ilmu untuk dosen dalam mengembangkan pembuatan RPPM dan RPPH yang terjadi dalam pembelajaran di sekolah PAUD.

Sejumlah-guru-SD-PAUD.jpgSejumlah guru SD/PAUD yang sekaligus mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya saat mengikuti seminar beberapa hari yang lalu di  UPI Kampus Tasikmalaya (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia Priangan Timur)

Sementara itu dosen Pasca Sarjana PGSD UPI Kampus Tasikmalaya Dr. Shima Mulyadi berharap kegiatan MKBM Program Dosen Mengajar berdampak positif terhadap dunia pendidikan khususnya di Kota Tasikmalaya.

"Kita berharap program ini dapat maksimal dilaksanakan, sehingga berdampak positif bagi perkembangan pendidikan khususnya di Kota Tasikmalaya, baik secara kualitas murid maupun kualitas guru peningkatan skill hasil program dosen mengajar," pungkas dosen Pasca Sarjana PGSD UPI Tasikmalaya.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES