Kesehatan

Cegah Menyebarnya PMK, Polda Jatim Bentuk Satgas di 81 Titik

Senin, 13 Juni 2022 - 15:55 | 39.55k
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afianta. (foto: Humas Polda Jatim/TIMES Indonesia)
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afianta. (foto: Humas Polda Jatim/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak belakangan ini terus merebak, terlebih sekarang mendekati Idul Adha. Langkah pencegahan dilakukan Polda Jatim dengan membentuk Satgas khusus yang disebar sejumlah 81 titik yang tersebar di seluruh Jatim, Senin (13/6/2022).

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afianta mengungkapkan sudah mulai rapat dengan Gubernur untuk mengantisipasi dengan membentuk Satgas yang nantinya diisi oleh Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, TNI, Polri serta tokoh masyarakat.

"Kegiatan Satgas melakukan edukasi ciri - ciri penanganan PMK, berikutnya membuka pos dan ada 81 titik yang tersebar di jalan -jalan utama yang berfungsi melakukan pengecekan kalau ada kendaraan yang mengangkut hewan," tuturnya setelah memimpin apel Operasi Patuh 2022.

Untuk kegiatan selanjutnya, nantinya Satgas tersebut akan mengecek surat sehat yang wajib dikeluarkan sebelum hewan tersebut dijual.

"Selain itu nantinya juga akan mengecek surat keterangan sehat yang wajib dikeluarkan sebelum hewan tersebut dijual," kata Irjen Nico.

Kapolda menambahkan, Satgas yang dibentuk ini nantinya juga akan memberikan obat - obatan dan vaksin PMK. "Dilakukan oleh tim dibentuk oleh Ibu Gubernur dan kepala daerah dengan memberikan obat-obatan antibiotik, yang kedua vitamin, yang ketiga penurun panas dan selanjutnya vaksinasi," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES