Tekno

Siap Gantikan Google Maps, Grab Rilis Peta Digital Sendiri

Senin, 13 Juni 2022 - 10:28 | 88.46k
Gambar sebagai logo dari aplikasi Grab. (foto: Nesabamedia)
Gambar sebagai logo dari aplikasi Grab. (foto: Nesabamedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGrab adalah salah satu layanan transportasi online yang cukup banyak digunakan masyarakat salah satunya di Indonesia. Grab memudahkan siapa saja untuk pergi kemana saja mereka suka hanya dengan meng 'klik' lokasi yang diinginkan. Selain itu, seseorang juga dapat memesan makanan dan mengantarkan barang melalui aplikasi tersebut. 

Namun akhir-akhir ini sering terdengar Grab akan meluncurkan fitur barunya yang akan menyaingi map digital seperti Google Maps. Dilansir dari kumparan, fitur tersebut dinamai GrabMaps namun cakupannya lebih 'hyperlocal'. Kelebihan yang ditawarkan yakni GrabMaps bisa memetakan beberapa jalan-jalaan kecil seperti jalan tikus dan gang-gang sempit lainnya. 

Sebelum di Indonesia, GrabMaps rupanyasudah berjalan di negara Grab beroperasi yang berjumlah delapan kecuali Indonesia. Tan Hooi Ling sebagai co-founder Grab menjelaskan jika proses pengembangan tersebut akan membutuhkan waktu selam berbulan-bulan. 

"Karena kami tak bisa mendapatkan kualitas layanan yang layak didapat konsumen juga mitra kerja, maka ini waktunya untuk kami berinvestasi di dalam usaha kami sendiri," ujar Ling. 

Targetnya adalah agar dapat meluas di perusahan teknologi, logistik, bahkan sampai lingkup pemerintahan dengan mendapatkan pemetaan sekitar Rp 14,5 triliun di Asia Tenggara. Selain itu layanan yang ditawarkan adalah lisensi untukakses data peta Grab yang dilengkapi dengan jalanan, lokasi dan Grab juga memiliki KartuCam yang merupakan perangkat pembuat peta dengan harga yang jauh lebih murah daripada kompetitor Grab. 

Perkembangan teknologi tidak melulu akan memiliki banyak kelebihan melainkan juga pasti memiliki beberapa kekurangan. Untuk salah satu teknologi ini, GrabMaps memiliki kelemahan yakni  tidak akan sepenuhnya mencakup layanan navigasi yang sangat mirip dengan Google Maps. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES