Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Jokowi dan Istri Sebar Kaus Jokowi 3 Periode

Minggu, 12 Juni 2022 - 09:23 | 72.98k
Hoaks, Video Jokowi bersama Istri menyebarkan kaus bertuliskan Jokowi 3 periode.
Hoaks, Video Jokowi bersama Istri menyebarkan kaus bertuliskan Jokowi 3 periode.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video dengan narasi Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya menyebarkan kaus bertuliskan Jokowi 3 periode.  Video tersebut diunggah akun Twitter @terkembang_4817 pada 5 Juni 2022.

Video tersebut berdurasi 2 menit 17 detik. Dalam satu satu bagian video terlihat Jokowi dan Iriana membagikan kaus. Gambar selanjutnya berupa kaus dengan tulisan Presiden Jokowi 3 Periode. 

Pengguna akun @terkembang_4817  menyertakan narasi berikut:

Nah ini dia vidionya ...ternyata jokowi dan istrinya yg menyebarkan kaos jokowi 3 periode....ayo polisi berani tangkap gak ....

cek-fakta-jokowi-3-periode.jpgSumber: https://twitter.com/terkembang_4817/status/1533225570561011712

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta, video tersebut merupakan gabungan dari beberapa video yang berbeda. 

Jokowi membagikan kaus merupakan video kampanye Jokowi di Banyumas, Jawa Tengah, pada April 2019. Video tersebut telah diunggah oleh kanal YouTube “SCTV” pada 4 April 2019 dengan judul “Kampanye di Banyumas, Jokowi Bagi Bagi Kaos dari Atas Mobil – Liputan 6 Siang”.

cek-fakta-jokowi-3-periode-4.jpgSumber: Kampanye di Banyumas, Jokowi Bagi Bagi Kaos dari Atas Mobil - Liputan 6 Siang | YouTube/SCTV

Sedangkan video warga yang menyambut mobil Jokowi di bagian akhir video merupakan video kunjungan Jokowi ke Ende, Flores pada 31 Mei 2022. Adapun video tersebut telah diunggah oleh kanal YouTube “metrotvnews” pada 31 Mei 2022 dengan judul “Warga Ende Tumpah Ruah Sambut Kunjungan Presiden Jokowi”.

cek-fakta-jokowi-3-periode-2.jpgSumber: Warga Ende Tumpah Ruah Sambut Kunjungan Presiden Jokowi | YouTube/metrotvnews

Melansir Detik.com, kaus Jokowi 3 Periode sempat beredar di Ende. Namun kepolisian telah mengamankan kaus-kaus tersebut sebelum Jokowi tiba di Ende.

cek-fakta-jokowi-3-periode-3.jpgSumber: Polisi Amankan Kaus Bertulis 'Jokowi 3 Periode' Sebelum Jokowi ke Ende | Detik

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, klaim bahwa Jokowi dan istrinya menyebarkan kaus bertuliskan Jokowi 3 periode, salah. Faktanya, video yang diunggah akun Twitter @terkembang_4817 pada 5 Juni 2022 tersebut merupakan hasil suntingan. Isinya gabungan video saat Jokowi membagikan kaus saat kampanye di Banyumas pada April 2019, dan video kunjungan Jokowi ke Ende, NTT pada 31 Mei 2022.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Manipulated Content (Konten Manipulasi). 

Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES