Kuliner

Wareg dan Ngangeni, Kudapan Pandhalungan di Restoran makanKOE Java Lotus Hotel Jember

Sabtu, 11 Juni 2022 - 16:49 | 121.61k
Sajian menu kudapan pandhalungan yang ditawarkan Restoran makan KOE Java Lotus Hotel Jember. (Foto: Java Lotus for TIMES Indonesia)
Sajian menu kudapan pandhalungan yang ditawarkan Restoran makan KOE Java Lotus Hotel Jember. (Foto: Java Lotus for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Perpaduan budaya Jawa dan Madura yang menjadi icon utama Kabupaten Jember. 'Kueren' nya budaya campuran itu, disebut budaya pandhalungan (pendalungan). Lantas bagaimana wajah kuliner, gastronomi pandhalungan Jember?

Keberkahan bagi manejemen Java Lotus Hotel Jember untuk memacu kreativitas dalam menyajikan kuliner Pandalungan Jember di meja makan. Setiap pengunjung baik yang menginap di hotel mau pun sekadar singgah untuk sarapan, makan siang atau dinner, dapat menikmati makanan enak dengan rasa lokal pandalungan Jember. 

Dalam hal ini, sebagian warga Jember mengatakan makanan spesial di Jember adalah Nasi Langgi. Di daerah lain disebut Nasi Rames, dan dalam klausul bahasa Indonesia disebut Nasi Campur.

KOE-Java-Lotus-b.jpg

Jeffrey Wibisono V, General Manager Java Lotus Hotel Jember merekomendasikan untuk memulai hari dengan asupan wajib buffet breakfast di makanKOE Restaurant. 

"makanKOE berlokasi satu lantai dengan Lobby Hotel, mudah di akses oleh siapa saja, baik tamu yang menginap mau pun publik. Sajian makanan buffet breakfast di makanKOE menampilkan kuliner mulai dari jajanan Jember, live cooking Gorengan, Pecel Jember dengan pernak-pernik lauk tambahan yang memperkaya asupan nutrisi," ungkap Jeffrey. 

Setiap hari, lanjutnya, tersedia olahan makanan berbumbu kuat dengan rasa tepat dan enak yang membuat kangen untuk dinikmati kembali menurut testimoni para tamu. "Bahan sederhana seperti ayam, ikan, tahu, tempe, sambal, diolah dalam kondisi segar untuk membangkitkan selera makan," imbuh GM Java Lotus Hotel Jember. 

KOE-Java-Lotus-c.jpg

Setiap hari juga tersaji soto dan bubur ayam selera Jember. Diimbangi ketersediaan menu Eropa seperti sajian Coco Crunch, Corn Flakes, Wafel dan roti, juga salad sayur serta buah tropis.

Menu Makan Siang dan Malam

Di makanKOE Restaurant, selain menu klasik Sup Buntut dan Sup Iga yang sering dapat acungan jempol karena rasa bumbu rempah di kuah dan dagingnya yang mrupul-mrupul empuk, juga tersedia fasilitas makan siang dan malam ala carte yang berbeda dengan restoran di hotel lain.  

Menu eksklusif modifikasi kudapan- kudapan yang dikonsumsi warga Jember dan lazim dijajakan di warung makan seputar Jember. Menu eksklusif makanKOE hasil eksplorasi usaha gastronomi yang dikembangkan masyarakat Jember baik secara online mau pun secara fisik makan dari depot, warung ke warung.

Dirancang untuk mempopularkan kudapan pandhalungan Jember kepada masyarakat luar, mendukung pengembangan UMKM jasa kuliner masyarakat dan memperkaya khazanah gastronomi Indonesia. Kudapan murninya tersaji di warung- warung masyarakat, modifikasi ragamnya ada di meja makan siang dan makan malam di Restoran makanKOE.

Tim Produksi Kuliner makanKOE, menggabungkan tradisi makan masyarakat Indonesia, tradisi Asian dan Western dengan tetap mempertahankan cita rasa otentik. Hal tersebut sangatlah penting untuk dapat menyajikan selera lokal sebagai bagian dari pengalaman kuliner.

Open Kitchen

Sudah pernah menikmati makan Separo Separo --- menu gabungan beberapa makanan Indonesia--- seharga Rp. 59.000++ per porsi untuk satu orang? Atau seleksi set menu Lobster & Steak yang dimasak dengan cara Pan Fried seharga Rp. 299.000++ per porsi untuk satu orang?

Berniat menggelar lunch atau dinner sekeluarga, se kantor, se kelompok arisan? Staf dapur makanKOE dengan senang hati menerima permintaan mengolah makanan yang dipilih ala carte dari daftar yang ada. Disajikan dalam piring saji ukuran keluarga untuk sharing.

Asyiknya, Anda dapat melihat, menikmati bagaimana para staf dapur makanKOE mengolah makanan anda. makanKOE tampil sebagai restoran open kitchen berarsitektur menarik yang ramah pelanggan.

Lapar? Ya mampir di makanKOE. Pasti wareg dan ingin segera kembali berkunjung, rasa pandalungan Jember nya, ngangeni. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES