Gaya Hidup

Minder saat Bicara di Depan Umum? Simak 5 Tips Public Speaking Ini

Minggu, 12 Juni 2022 - 00:35 | 91.37k
Public Speaking yang bagus bisa menarik minat para pendengar. (Foto: ilustrasi bustle.com)
Public Speaking yang bagus bisa menarik minat para pendengar. (Foto: ilustrasi bustle.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPublic speaking merupakan salah satu kemampuan penting dalam menyusun kata-kata, dan berbicara di depan khalayak ramai.

Seorang pembicara harus memastikan agar pesan mereka dapat tersampaikan kepada para pendengar, dan juga menggerakkan banyak orang dalam mengambil suatu tindakan.

Kemampuan ini diperlukan oleh semua orang untuk terjun di dunia politik, mendapatkan promosi jabatan, atau bahkan untuk mendapatkan nilai bagus dalam ujian skripsi.

Tetapi ada kalanya seseorang merasa takut, minder, dan menjadi blank, bahkan mereka tidak bisa mengingat apa yang akan disampaikan ketika harus berbicara di depan umum. Sehingga mereka akhirnya memilih untuk menghindar dari pembicaraan khalayak.

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan atau bahkan melatih kemampuan public speaking, agar lancar dan bisa memikat pendengar? Simak berikut ini ya!

1. Positive thinking dan percaya diri

Buang jauh-jauh perasaan minder dan pikiran negatif, karena itu bisa mempengaruhi penampilan kalian di atas atau di tengah khalayak ramai. Ganti dengan pikiran positif yang selalu anda ulang-ulang, dan percaya bahwa diri kalian bisa menyentuh hati para pendengar.

2. Pahami audiens atau lawan bicara

Sebagai pembicara kita harus tahu untuk siapa pembicaraan kita ditujukan. Tujuannya agar kita mempersiapkan diri dan juga materi sesuai informasi, agar bisa lebih diterima oleh pendengar. Jangan lupa soal penampilan, perhatikan kerapian dan sesuaikan dengan kondisi pada saat kalian akan berbicara. Selain itu gestur tubuh juga tidak kalah penting untuk memikat lawan bicara, asalkan tidak berlebihan, seperti menatap para audiens, gerakan tangan atau tubuh.

Public-Speaking-a.jpg

3. Tulis materi dalam bentuk poin

Setelah memahami audiens dan menentukan materi, tuliskan ke dalam poin-poin yang bisa kalian ingat dengan mudah. Selain itu bertujuan agar kalian bisa memahami materi dengan cepat, dan para pendengar juga mudah menangkap maksud atau pesan yang kalian sampaikan. Hindari penggunaan kata yang tidak lazim didengar khalayak ramai, tetapi jangan menggunakan kata yang terlalu santai. Awali pembicaraan dengan sapaan yang ringan, menarik, ataupun guyonan ringan.

4. Bicara secara jelas

Ketika gugup banyak orang biasanya langsung diam atau lupa apa yang akan disampaikan selanjutnya, sehingga pembicaraan tidak terdengar terlalu jelas ataupun terlalu cepat.

Latihan saat sebelum melakukan pembicaraan adalah hal yang tepat dilakukan karena selain untuk menghindari kesalahan, kalian juga perlu berlatih untuk mengucap beberapa kata dengan artikulasi yang jelas. Sehingga ketika nanti di depan publik merasa gugup, kalian tinggal menarik nafas dan menenangkan diri, lalu memulai atau melanjutkan pembicaraan dengan tenang. Hindari penggunaan kata isi “ehh”, “hmm”, dan sebagainya, karena itu bisa membuat audiens terganggu.

5. Terus melatih kemampuan

Terdengar biasa saja memang, tetapi terus melatih kemampuan akan membuat kalian semakin terbiasa mengendalikan dan menguasai para audiens. Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk berlatih, misalkan berbicara di depan cermin sambil mengatur ekspresi, di depan teman kalian untuk mengatur intonasi bicara juga kegugupan, memvideo diri sendiri untuk evaluasi diri, dan banyak lagi.

Nah itulah beberapa tips untuk kalian yang ingin meningkatkan skill public speaking agar lebih berkembang. Jangan takut untuk berbicara di depan umum ya! Siapa tau suara kalian bisa didengar dan tersampaikan, juga membawa manfaat untuk semuanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES