Wisata

Bupati Bondowoso Optimistis Ijen Geopark Masuk Warisan Dunia UNESCO

Sabtu, 11 Juni 2022 - 14:38 | 38.23k
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin bersama Wabup Irwan Bachtiar Rahmat saat menerima kedatangan asesor dari UNESCO Global Geopark di Ijen Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin bersama Wabup Irwan Bachtiar Rahmat saat menerima kedatangan asesor dari UNESCO Global Geopark di Ijen Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Asesor dari UNESCO Global Geopark (UGG) Martina Paskova, dan Jakob Walloe Hansen melakukan asesmen lapangan Ijen Geopark di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Jumat (10/6/2022). 

Keduanya lebih dulu diterima secara kenegaraan di Pendapa Bupati Banyuwangi, Kamis 9 Juni 2022, mengingat Ijen Geopark ada di dua kabupaten.

Dua asesor tersebut melakukan penilaian hingga 13 Juni besok. Saat melakukan peninjauan lapangan di sejumlah objek wisata di Kecamatan Ijen, mereka didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Bupati Bondowoso Salwa Arifin dan Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat. 

Utusan dari UGG itu langsung mendatangi geosite Kawah Wurung, dilanjutkan menuju Kampung Kopi Kluncing dengan mengunjungi Situs Kopi Bondowoso. Mereka juga disambut beragam budaya. Seperti tarian Singo Ulung, tari ojung, petik kopi dan tari topeng kona.

Selanjutnya mereka mengunjungi geosite Lava Plalangan, situs komplek mata air panas Blawan, dan terakhir ke Paltuding. 

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin mengaku optimis Ijen Geopark bisa bisa masuk warisan dunia UNESCO. 

"Dan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak. Kami mengucapkan terima kasih," kata bupati. 

Sementara Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, bahwa dua asesor tersebut tampaknya sangat terkesan. Keduanya sempat berkomunikasi dengan para pemetik kopi. 

"Mulai dari Kawah Wurung mereka sudah sangat terkesan dengan view yang ada di Kabupaten Bondowoso. Optimis, sangat optimis," kata Wabup Irwan. 

Informasi dihimpun, asesor dari UNESCO tersebut akan merumuskan rekomendasi terhadap Ijen Geopark yang akan disampaikan pada saat penutupan di Pendapa Bupati Banyuwangi pada 13 Juni 2022.  (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES