Ekonomi

Kopi Majalengka Terbang ke Luar Negeri, Racikan Terkini Disuguhkan di Jerman

Sabtu, 11 Juni 2022 - 11:36 | 42.64k
Kedai Kopi Apik Majalengka. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)
Kedai Kopi Apik Majalengka. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Dalam lima tahun terakhir ini, Kopi yang berasal dari perkebunan dan pertanian wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, ‎sudah terbang ke berbagai negara.  

Para pelaku UKM kopi asal Majalengka yang khusus menjual kopi lokal telah banyak menerima pesanan ke sejumlah negara, diantaranya, Taiwan, Jepang, Amerika, dan negara lainya. Terkini, Jatiwangi Art Factory (JAF) mengajak serta pelaku UKM kopi untuk menyuguhkan racikan kopi-nya di negara Jerman. 

‎Kopi lokal Majalengka yang paling banyak diseduh di kedai dan kafe wilayah Majalengka, juga dipesan pengusaha luar Majalengka, mayoritas ada tiga pilihan yakni Kopi Lemahsugih, Kopi Gunungwangi dan Kopi Maniis Cingambul. 

Kopi-Apik-Majalengka-b.jpg

Pelaku UKM Kopi, sekaligus Owner Kedai Kopi Apik, Gilang mengatakan di Jerman nanti, pihaknya akan memeragakan ‎konsep menyeduh kopi secara manual. Ia membawa serta biji kopi Majalengka yakni Kopi Lemahsugih, Maniis dan Gunungwangi.

"Kami bawa biji kopi asli Majalengka, kita perkenalkan di Jerman, bahwa kopi asal Majalengka juga layak bersandingan dengan kopi-kopi kelas dunia," ujarnya, Sabtu, (11/6/2022). 

Petani kopi sekaligus pengusaha kopi lokal dengan Brand Karadja Kopi, Aceng mengatakan pihaknya cukup sering menerima pesanan Kopi Majalengka dari pelanggan atau konsumen setianya asal Bandung, Jakarta, Taiwan, juga Singapura.

"Biasanya, saya menjual Kopi Lemahsugih dan Maniis. Ada juga Kopi Gunungwangi, semuanya punya khas wangi dan rasa yang berbeda," ungkapnya.

Kopi-Apik-Majalengka-c.jpg

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Majalengka, Iman Firmansyah mengatakan, dari semua produk UKM yang berasal dari pertanian, hanya produk kopi yang konsisten distribusi dan menjualnya secara eksport. Pihaknya mencatat, sirkulasi ini sudah terjadi konsisten dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

"Di kita, UKM Kopi di Majalengka‎ memang telah ekspor ke berbagai negara. Kedai dan kafe-kafe di kita juga tumbuh menjamur, itu suplai kopinya juga memanfatkan kopi lokal Majalengka," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES