Gaya Hidup

Black Day, Perayaan Unik untuk Para Jomblo di Korea Selatan

Sabtu, 11 Juni 2022 - 09:38 | 139.97k
Ilustrasi - seseorang yang sedang menjomblo. (foto: Pixabay/xusenru)
Ilustrasi - seseorang yang sedang menjomblo. (foto: Pixabay/xusenru)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jika kita mengenal hari Valentine sebagai hari kasih sayang, maka Korea Selatan juga memiliki Black Day yang bisa dirayakan oleh para jomblo.

Bedanya, pada hari Valentine sepasang kekasih akan memiliki ide dan agenda tersendiri untuk memperingati hari tersebut. Misalnya makan malam bersama, menonton, dan banyak hal yang bisa dihabiskan bersama. 

Namun bagaimana dengan Black Day? Hari ini hanya dirayakan oleh sebagian besar masyarakat yang tidak memiliki pasangan. Perayaan tersebut ternyata ada di Korea Selatan dengan beberapa faktanya sebagai berikut: 

1. Diperingati Setiap 14 April

Jika hari Valentine diperingati setiap 14 Pebruari, maka Black Day atau hari jomblo akan diperingati setiap tanggal 14 April. Pada hari itu pula semua masyarakat yang belum memiliki pasangan merayakannya engan berbagai macam versi sesuai selera mereka. Tidak harus berkabung, melainkan juga ada yang menghabiskannya dengan cara membuat diri sendiri menjadi senang. 

2. Kopi Hitam

Selain nama, rupanya Black Day juga memiliki minuman khas yang juga sesuai dengan nama perayaannya yakni kopi hitam. Maka tidak heran jika pada perayaan Black Day kopi hitam menjadi slaah satu yang paling laku dihari itu. 

3. Serba Hitam

Begitu juga dengan penampilan seperti fashion, pada perayaan Black Day umumnya yang merayakan mengenakan pakaian dan aksesoris serba hitam. Dimlai dari ujung rambut sampai kaki, mereka akan mengenakan cat ataupun baju yang berwarna hita. Namun hal ini hanya biasanya terlihat pada acara tertentu saja pada hari itu. 

4. Jajangmyeon

Selain minuman, makanan khas memperingati hari jomblo yakni Jajangmyeon. Jajangmyeon adalah hidangan mie yang dilumuri saus dan dipercaya dapat menghibur hati yang sedangn sedih. Oleh karenanya, jajangmyeon hadir untuk menghibur para jomblo yang sedang bersedih hati. 

Itulah perayaan hari jomblo atau black day di Korea Selatan beserta beberapa fakta uniknya. Hal ini menunjukkan bahwa mereka yang belum memiliki pasangan supaya tetap mengingat jika mereka juga berhak untuk bahagia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES