Ekonomi

Dampak Covid-19, Lebih dari 50 Persen Koperasi di Kota Malang Mati Suri

Jumat, 10 Juni 2022 - 16:26 | 44.18k
Logo Koperasi Indonesia. (Foto: Istimewa)
Logo Koperasi Indonesia. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Lebih dari 50 persen Koperasi di Kota Malang terpaksa tidak aktif atau mati suri akibat Pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkan oleh Kabid Koperasi Diskopindag Kota Malang, I Woja Kullu.

Dari catatan Diskopindag Kota Malang, setidaknya ada 759 koperasi yang telah terdaftar. 400 diantaranya dinyatakan tidak aktif dengan alasan pandemi Covid-19 dan 359 koperasi lainnya dinyatakan masih aktif hingga saat ini.

"Memang ini akibat Pandemi Covid-19, tapi kami Diskopindag terus berusaha mengaktifkan kembali koperasi itu," ujar Woja, Jumat (10/6/2022).

Dikatakan Woja, pihaknya akan segera melakukan pendampingan bertahap kepada setiap anggota dan pengurus koperasi yang tidak aktif agar bisa berusaha kembali bangkit. Terlebih, melandainya Covid-19 ini bisa menjadi momen kebangkitan koperasi di Kota Malang.

"Nanti kami lihat laporan keuangannya dulu dan ke depan mengupayakan sertifikasi pengurus agar bisa menata koperasi lebih profesional," ungkapnya.

Disisi lain, di tahun 2022 ini koperasi kembali mengadakan rapat agenda tahunan (RAT) dengan tujuan untuk menetapkan anggaran dasar, kebijakan umum, organisasi dan menetapkan rencana kerja dalam setahun di tahun depan.

Apalagi, dalam situasi pandemi Covid-19 yang mulai melandai, tentu perencanaan melalui RAT ini harus bisa semaksimal mungkin dilakukan guna membangkitkan kembali koperasi.

Namun, dalam agenda wajib tahunan tersebut nampaknya masih saja ada yang belum memahami. Sebab, dari 759 koperasi yang tercatat di Diskopindag Kota Malang, hanya ada 217 koperasi yang menjalankan RAT.

"Iya jumlah itu yang masih aktif (menjalankan RAT). Tiap mulai Juni ini perlahan nambah 142 Koperasi lagi yang RAT," pungkasnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES