Kuliner

Segarnya Soto Banjar Bang Amat, Legenda Warga Banjarmasin

Kamis, 09 Juni 2022 - 17:08 | 344.86k
Sepiring soto banjar dan sepiring sate di Soto Banjar Bang Amat (Foto: TripAdvisor)
Sepiring soto banjar dan sepiring sate di Soto Banjar Bang Amat (Foto: TripAdvisor)

TIMESINDONESIA, MALANG – Siapa yang tidak kenal dengan soto? Makanan berkuah yang populer di lidah banyak orang ini tentu tidak asing kita jumpai di mana saja, bahkan tiap daerah punya kreasi soto sendiri. Sebut saja yang paling banyak dijumpai adalah soto ayam, ada lagi soto Lamongan, soto Betawi, soto mi Bogor, soto Banjar, dan banyak lagi.

Bicara tentang soto, jika kalian pergi ke Kalimantan Selatan tepatnya di daerah Banjarmasin, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi soto Banjar.

Rasanya yang gurih dan segar, dengan kuah sedikit bening menjadikan soto ini berbeda dengan soto yang lainnya.

soto-banjar-2.jpg

Perbedaan lainnya yaitu terletak pada lauk pendamping, seperti perkedel kentang, suwiran ayam, telur itik, serta tambahan perasan jeruk nipis. Selain itu soto ini dimakan dengan ketupat dan bukannya nasi. Kebanyakan pelayan juga akan menanyakan “mau makan nasi sop atau soto?”.

Ada satu tempat soto yang terkenal di Banjarmasin. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, bahkan banyak orang rela mengantre di tempat ini. Soto Banjar Bang Amat namanya.

Meskipun bukan yang pertama kali berdiri, tetap saja tempat ini menjadi incaran banyak wisatawan ketika berkunjung. Bahkan banyak dari warga lokal yang menjadikannya pilihan pertama ketika ingin makan soto yang berlokasi di Jl. Banua Anyar no. 6, Banjarmasin Timur ini. Posisinya ada di dekat Jembatan Banua Anyar dan tepat di tepi sungai Martapura.

Nama tempat ini diambil dari nama pemilik warung, yaitu Haji Amat atau biasa dipanggil Bang Amat. Sebelum menjadi besar dan terkenal, tempat ini dulunya hanya berupa warung kecil yang tidak banyak orang tahu, bahkan sedihnya soto Banjar yang mereka jual pun jarang laku.

Setelah meracik dengan sedemikian rupa, akhirnya terciptalah cita rasa soto yang membuat banyak pengunjung datang, bahkan ada juga yang berasal dari luar Banjarmasin atau Kalimantan datang untuk mencicipinya.

Ketika pertama datang, kalian akan merasakan sejuknya angin yang berhembus dan juga suasana yang tenang di sekitar. Selain itu tempatnya yang bersih dan masih berupa rumah panggung tradisional dengan kayu ulin, menambah daya tarik dan membuat kita nyaman untuk berlama-lama.

soto-banjar-3.jpg

Kuliner khas Banjarmasin ini buka setiap hari tiap jam 07.30 hingga 16.30 WITA, dan tutup di hari Jum’at.

Di Soto Banjar Bang Amat, kalian bisa memilih opsi soto atau nasi sop, tentu sesuai porsi yang kalian tentukan ya.

Selain soto Banjar ada juga sate ayam bumbu kacang yang bisa jadi tambahan lauk. Empuknya sate yang dibalur bumbu kacang ditambah segarnya kuah soto, menambah cita rasa yang membuat mulut tidak bisa berhenti mengunyah. Jangan lupa untuk memesan mangga kupas sebagai pencuci mulut, maka kenikmatan yang kalian rasakan akan bertambah.

Kalian bisa menikmati soto Banjar ini dengan harga mulai dari Rp18.000,- untuk setengah porsinya dan Rp20.000,- untuk 10 tusuk sate. Selain itu pemandangan kehidupan di pesisir sungai Martapura dan alunan musik tradisional Panting bisa menghibur kalian di sela menunggu pesanan datang.

Untuk kalian yang sedang atau akan berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa untuk memasukkan soto Banjar ini ke dalam tujuan kalian ya! Sampai jumpa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES