Wisata

Penetapan Harga Tiket Candi Borobudur Rp750 Ribu Didasarkan Beragam Pertimbangan

Kamis, 09 Juni 2022 - 15:44 | 39.35k
Kawasan Candi Borobudur (FOTO: Dok. Kompas)
Kawasan Candi Borobudur (FOTO: Dok. Kompas)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi RI (Menko Marves RI) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, penetapan harga tiket masuk Candi Borobudur yang sebesar Rp750 ribu didasarkan pada studi mendalam.

"Jadi mengenai Borobudur, kita bikin studi komprehensif dengan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) di situ, dan angka itu keluar. Tapi karena ribut semua, kita tunda itu," ucap Luhut dalam Rapat Kerja bersama Badan Anggaran DPR RI, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Menurut dia, Borobudur telah mengalami pengurangan ketinggian dan kerusakan sehingga jumlah pengunjung akan dibatasi sebanyak tidak lebih dari 1200 orang per hari sebagaimana disarankan UNESCO.

Dengan pembukaan jalan tol yang akan melintasi wilayah Borobudur ke depan, Luhut memperkirakan sekitar 26 juta pengguna jalan akan melewati dan berpotensi mengunjungi Borobudur.

"Jadi dengan kita buka jalan tol sekarang, itu satu tahun akan masuk 26 juta orang, berapa juta bisa masuk ke Borobudur," katanya.

Saat ini saja homestay di wilayah sekitar Borobudur sudah kembali dipenuhi oleh wisatawan dengan pembukaan kembali pariwisata setelah penyebaran Covid-19 berkurang.

Luhut pun menekankan bahwa penetapan tiket masuk Candi Borobudur sudah mempertimbangkan berbagai kemungkinan tersebut, sekaligus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan revitalisasi cagar budaya tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES