Hukum dan Kriminal

Sebulan Diterapkan, ETLE di Kota Blitar Jaring Ribuan Pelanggar

Kamis, 09 Juni 2022 - 14:42 | 53.02k
Simpang Tiga Herlingga Kota Blitar salah satu titik yang dipasang kamera ETLE Polres Blitar Kota. (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)
Simpang Tiga Herlingga Kota Blitar salah satu titik yang dipasang kamera ETLE Polres Blitar Kota. (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Sebanyak 5300 pelanggar lalu lintas di Kota Blitar tercatat dalam sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang diberlakukan awal bulan Mei 2022 kemarin.

Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Mulya Sugiharto menjelaskan dari 5300 tersebut selanjutnya dilakukan verifikasi. Kemudian pihaknya melaksanakan penindakan kepada sebanyak 400 pelanggar.

"Kami memantau dari tanggal 15-31 Mei 2022 ini bahwa jumlah pelanggar sebanyak 5300 pengendara," katanya, Kamis (9/6/2022).

Menurut AKP Mulya, para pelanggar lalin yang terekam melalui kamera pengawas sudah diberikan surat tilang. Kategori pelanggar lalin tersebut rata-rata yaitu melanggar rambu lalu-lintas dan tidak memakai helm.

"Sudah dilakukan pengiriman surat tilang berdasarkan alamat yang teregister di pelat nomornya," tambahnya.

Dikatakan AKP Mulya, tiap hari rata-rata ada 230 kendaraan yang melanggar lalulintas tertangkap layar kamera ETLE di Kota Blitar. Dari jumlah itu, menurutnya, adalah bukti tingkat pelanggaran lalu lintas di Kota Blitar masih tinggi. 

"Penerapan sistem tilang elektronik atau ETLE masih akan terus dievaluasi secara bertahap. Kami berharap, dengan sistem tilang elektronik ini akan meningkatkan perilaku tertib lalu lintas di Kota Blitar," tegasnya. 

Sistem tilang elektronik atau ETLE di Kota Blitar mulai diterapkan Polres Blitar Kota sejak Minggu (15/5/2022) lalu. Total ada 3 titik yang dipasang kamera pengawas. Yaitu Simpang Tiga Herlingga, Simpang 4 Plosokerep Jalan Kenari dan Simpang Empat Pakunden Jalan Tanjung.

"Selain itu untuk mendukung sistem ETLE, Polres Blitar Kota juga mengoperasikan satu unit mobil INCAR atau tilang keliling," urai Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Mulya Sugiharto.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES