Pendidikan

Garap Skripsi Tanpa Revisi, Ini Tipsnya

Kamis, 09 Juni 2022 - 11:09 | 70.64k
Gambar sebagai ilustrasi mahasiswa dengan tugas akhir skripsi. (foto: Ratu Bunga/TIMES Indonesia)
Gambar sebagai ilustrasi mahasiswa dengan tugas akhir skripsi. (foto: Ratu Bunga/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bentuk penugasan akhir mahasiswa memang selalu ada saja dari berbagai kebijakan kampus. Semakin kesini, penugasan tersebut juga memiliki jenis baru yang mana di beberapa kampus juga menamainya dengan TA (Tugas Akhir). Tugas akhir tersebut umumnya berbentuk karya ilmiah atau bahkan dapat berupa karya seni dalam rangka mewadahi bakat terpendam para mahasiswa. 

Untuk penugasan skripsi yang membuat beragam polemik yakni proses bimbingan yang tidak mudah. Seringkali selama bimbingaan mahasiswa selalu tidak lepas untuk mendapatkan revisi berulang kali. Berikut tips-tips sederhana menyusun skripsi dengan minim revisi: 

 1. Perkuat kerangka berpikir

Kerangka berpikir dibutuhkan untuk memetakan proses penyusunan skripsi sampai akhirnya dapat mencapai kesimpulan. Kalimat utama yang bisa menjadi patokan untuk membuat kerangkaberpikir yakni perihal apa yang akan diteliti dan apa yang harus melaakukan untuk melancarkan proses penelitian tersebut. 

 2. memahami SPOK yang benar 

Meskipun sudah menduduki posisi sebagai mahasiswa, tidak jaarang mahasiswa yang sering kali salah dalam menuliskan bahasa sehingga dosen pembimbing meminta untuk menulis ulang. Hal ini terdengar sepele namun alangkah baiknya jika dihindari untuk meminimalisir revisi dari segi bahasa. 

 3. Perbanyak Analisis

Dalam mengerjakan penlitiannya, mahasiswa pasti selalu menginginkan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan dan direncanakan. Hal ini membuat mahasiswa takut menuliskan beberapa kemungkinan buruk yang terjadi dan hal itu harus dihindari. Karena selain untuk menambah wawasan, hal ini juga akan membantu mahasiswa berpikir kritis.

 4. Perbanyak Membaca

Untuk melengkaapi skripsi yang sempurnaa, seseorang harus banyak membaca untuk meningkatkan teori dalam suatu tinjauan pustaka. Dengan banyak membaca, mahasiswa akan semakin memahami skripsinyaa dan mengaitkannya dengan teori yang akan digunakan untuk menganalisis data tersebut. 

Itulah beberapa tips yang bisa diikuti untuk menghindari banyak revisi saat mengerjakan skripsi. Banyak tips lainnya dan hal tersebut sebenarnya bergantung situasi dan kondisi kampus masing-masing. Akan tetapi, beberapa poin diatas merupakan hal yang paling umum terjadi saat mahasiswa mengerjakan skripsi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES