Ekonomi

Dubes Rumania Tunjuk Arum Sabil Jadi Perwakilan Dagang Jatim

Rabu, 08 Juni 2022 - 22:44 | 83.76k
Rombongan Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova, Irjen Pol Amhar Azeth saat bertemu Gubernur Khofifah di Grahadi.(Dok.TIMES Indonesia)
Rombongan Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova, Irjen Pol Amhar Azeth saat bertemu Gubernur Khofifah di Grahadi.(Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova, Irjen Pol Amhar Azeth menunjuk Arum Sabil sebagai perwakilan dagang Rumania di Jawa Timur. 

Hal ini ia ungkapkan usai melakukan serangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Gresik dan Kota Madiun bersama Konsulat Kehormatan (Konhor) RI di Constanta dan Rumania, Emil Sirbu. Mereka juga bertemu langsung dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi. 

Rombongan Dubes didampingi oleh Arum Sabil sebagai linker para pengusaha serta pemerintah daerah setempat. 

Pada kesempatan tersebut, Dubes Amhar membicarakan sejumlah potensi kerja sama untuk meningkatkan hubungan dagang bilateral. Ia juga berharap dapat segera menindaklanjuti dengan penandatanganan kerja sama usai tim ahli dari Rumania datang pada akhir Agustus mendatang.

Upaya kerja sama antara lain dengan melakukan investasi pembangunan pabrik selongsong peluru, pengolahan porang sebagai produk bernilai jual, pembangunan pabrik antibiotik hingga bidang sains dan teknologi. 

Dubes mengatakan, produk Jatim berpotensi besar masuk ke pasar Rumania. Oleh karena itu, guna meningkatkan kedekatan hubungan dagang antar kedua belah negara, Amhar menunjuk Arum Sabil yang juga merupakan Ketua Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia atau Gaperindo sekaligus tokoh nasional ini untuk menjadi perwakilan dagang Rumania di Jatim. 

"Saya harap ketika nanti banyak stakeholder, pemerintah kabupaten kota di Jatim yang ingin melakukan ekspor atau impor dari Jatim ke Rumania maupun Rumania ke Jatim melalui Arum Sabil. Bapak Arum akan melakukan koordinasi guna menghubungkan maupun secara teknis dalam perdagangan tersebut," kata Amhar, Rabu (8/6/2022). 

Arum Sabil sendiri mengucapkan terima kasih atas amanah dan kepercayaan Dubes Amhar yang menunjuk dirinya sebagai perwakilan dagang Rumania yang ada di Jatim. 

"Insya Allah saya sebagai Ketua Gapperindo Jatim akan memanfaatkan ini sebaik mungkin," kata Arum. 

Selanjutnya, kunjungan kerja tersebut akan ia balas dengan kunjungan ke Rumania untuk melihat potensi di negara tersebut. 

"Saya nanti akan segera melakukan kunjungan ke Rumania untuk melakukan survey potensi apa yang ada di sana. Sehingga saya akan bergerak cepat di Jatim menyampaikan kepada stakeholder dan sahabat rekan pengusaha agar segera bergerak investasi dan melakukan ekspor impor Rumania dan Jatim khususnya. Sekali lagi terima kasih Pak Dubes atas kepercayaannya," ungkap Arum Sabil.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES