Kopi TIMES

Optimalisasi Branding untuk Pariwisata yang Berkelanjutan

Rabu, 08 Juni 2022 - 23:16 | 47.08k
Optimalisasi Branding untuk Pariwisata yang Berkelanjutan
Dyaloka Puspita Ningrum,S.I.Kom.,M.I.Kom, Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Widya Mataram Yogyakarta.
Editor: Irfan Anshori

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Aktifitas pariwisata sepertinya sudah kembali memasuki babak baru. Selain banyaknya penyelenggaran event, kolaborasi, inovasi serta adaptasi yang terus bergerak cepat dalam rangkaian menyukseskan program nasional pemerintah yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu, keramaian pengunjung disetiap destinasi juga memberikan dampak signifikan untuk mendorong percepatan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan meskipun di tengah kondisi pengendalian covid-19 sekarang ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bahkan nampaknya cukup serius menggandeng berbagai pihak untuk bekerja sama dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ataupun daya jual produk UMKM lokal yang dapat menembus pasar global seluas-luasnya. Hampir setiap saat “sang menteri milenial” tersebut kerab kali melakukan kunjungan untuk mengetahui secara langsung peluang apa saja yang mampu diberdayakan dalam mem-branding ulang beragam subsektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air yang sangat potensial, terutama dengan memanfaatkan era digitalisasi sebagai trend terkini.

Brand dapat diartikan sebagai sebuah aset. Seperti halnya bisnis, representasi brand di dalam industri ini sepenuhnya perlu dirancang dengan sangat matang, disamping memang gencarnya persaingan yang seiring waktu sulit dihindari serta kebutuhan pasar yang terus beradaptasi ke arah lebih modern. Maka dari itu proses branding di sejumlah objek wisata merupakan bagian penting dari upaya komunikasi pemasaran yang harus dilakukan oleh pihak penyelenggara guna menguatkan karakteristik yang khas di benak para pengunjung. 

Melalui keberadaan suatu brand yang baik pula tentu akan menjadi pendekatan tersendiri dalam menentukkan reputasi daerah tujuan wisata yang semakin unggul “quality of opportunity” termasuk juga terciptanya kualitas pengalaman berwisata publik “quality of experience”. Bahkan dari sudut pandang lain, Hermawan (2017) mengkategorikan keberhasilan branding diukur oleh 3 instrumen yang meliputi: brand positioning, brand identity, dan brand personality. Pada prinsipnya, strategi tersebut akan sangat membantu pihak penyelenggara dalam mengatasi krisis identitas terhadap suatu destinasi pariwisata yang kadang fenomenanya hanya bersifat musiman semata.

Destination Branding dalam Praktiknya

Pengelolaan pariwisata yang berkelanjutan di setiap kawasan harus berdimensi pada aspek pemerataan, partisipasi, keanekaragaman lingkungan, integrasi dan perspektif berjangka panjang. Sehingga diharapkan dapat memberikan keseimbangan terhadap banyak hal, karena tidak hanya berfokus pada penggunaan sumber daya alam saja melainkan kegiatan pariwisatanya pun turut memperhatikan keberlangsungan hidup dan sistem ekonomi sumber daya manusia yang akan terjamin dimasa mendatang “quality of life”. Secara strategis industri tersebut bahkan diyakini dapat membuat masyarakat semakin sejahtera. Namun disisi lain, pihak penyelenggara tentu memiliki tantangannya masing-masing dalam menjaga loyalitas para pengunjung yang tanpa disadari juga terus disuguhkan banyak referensi berwisata di sejumlah media alternatif.

Pemerintah sebagai pemangku kebijakan diharapkan tiada henti untuk dapat mengorganisir setiap wilayah dengan kekayaan pariwisatanya yang melimpah. Terutama dengan penciptaan ikon menarik berdasarkan latar-belakang, daya dukung kawasan maupun kebiasaan masyarakat lokalnya agar mudah dikenal “calon wisatawan” serta publik luas. “Destination Branding” pun menjadi salah satu konsep pengembangan yang dapat dioptimalkan di setiap kegiatan promosi pariwisata. 

Morgan dan Pritchard memberikan pandangan bahwa destination branding cukup handal dalam membentuk pandangan serta kesetiaan publik terhadap keberadaan produk-produk pariwisata yang semakin kompetitif. Sebagai bagian dari metode pemasaran, destination branding itu pula diibaratkan seperti pondasi yang berfungsi mempertahankan kesuksesan bisnis pariwisata.  Sejak awal tahap perencanaan, perkenalan, pelaksanaan hingga ke tahap pemantauan sekalipun pihak penyelenggara perlu menganalisis berkala keberadaan suatu brand yang ditawarkan, idealnya untuk perbaikan di masa mendatang. Yang mana praktik tersebut juga sejalan dengan salah satu prinsip dalam pengelolaan manajemen “evaluasi dan monitoring” pariwisata yang berkelanjutan.

***

*) Oleh : Dyaloka Puspita Ningrum,S.I.Kom.,M.I.Kom, Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Widya Mataram Yogyakarta.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

 

____
*)
 Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Sholihin Nur

EKORAN

TERBARU

  • Amirul Hajj Puji Pelayanan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia
    Amirul Hajj Puji Pelayanan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia
    03/07/2022 - 07:36
  • Romantisme Jember, ada Lovers Escapade dan Lovers Getaway di Java Lotus Hotel Jember
    Romantisme Jember, ada Lovers Escapade dan Lovers Getaway di Java Lotus Hotel Jember
    03/07/2022 - 06:09
  • Liburan Sekolah, Keceriaan Bersama Keluarga di Jembar Waterpark Majalengka
    Liburan Sekolah, Keceriaan Bersama Keluarga di Jembar Waterpark Majalengka
    03/07/2022 - 05:56
  • These Facilities of UIN Malang will Elevate Your Way of  Study
    These Facilities of UIN Malang will Elevate Your Way of  Study
    03/07/2022 - 04:00
  • These Activities Will Lead You to be Happy All Day Long
    These Activities Will Lead You to be Happy All Day Long
    03/07/2022 - 03:00

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Perestroika Kapital Demokrasi
    Perestroika Kapital Demokrasi
    02/07/2022 - 17:12
  • Implementasi Ibadah Haji dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
    Implementasi Ibadah Haji dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
    02/07/2022 - 14:52
  • Penerapan Inovasi ETLE
    Penerapan Inovasi ETLE
    02/07/2022 - 12:12
  • Dinamika dan Dilema Siswa Masuk Perguruan Tinggi
    Dinamika dan Dilema Siswa Masuk Perguruan Tinggi
    02/07/2022 - 11:19
  • Dampak Perubahan Nama Jalan Terhadap Legalitas Dokumen
    Dampak Perubahan Nama Jalan Terhadap Legalitas Dokumen
    01/07/2022 - 18:22
  • Islam dan Sains Teknologi Modern
    Islam dan Sains Teknologi Modern
    01/07/2022 - 14:04
  • Balang Keris
    Balang Keris
    01/07/2022 - 11:38
  •  Inisiatif Indonesia Mengakhiri  Eskalasi Ketidakpastian Global
     Inisiatif Indonesia Mengakhiri  Eskalasi Ketidakpastian Global
    01/07/2022 - 10:35

KULINER

  • ‎Pizza Hits Majalengka, Lezatnya Tidak Bikin Kantong Jebol
    ‎Pizza Hits Majalengka, Lezatnya Tidak Bikin Kantong Jebol
    02/07/2022 - 17:36
  • Ada Raja Sambal di The Sultan Food Mataram, Pedasnya Paripurna!
    Ada Raja Sambal di The Sultan Food Mataram, Pedasnya Paripurna!
    01/07/2022 - 15:07
  • Cicipi Mendoan Jumbo Baturetno Wonogiri, Satu Porsi Rp10 Ribu
    Cicipi Mendoan Jumbo Baturetno Wonogiri, Satu Porsi Rp10 Ribu
    01/07/2022 - 13:34
  • Nu_Normal, Resto Khas Bandeng Sidoarjo 
    Nu_Normal, Resto Khas Bandeng Sidoarjo 
    30/06/2022 - 23:18
  • Resep Aneka Sambal Rumahan
    Resep Aneka Sambal Rumahan
    30/06/2022 - 15:24