Indonesia Positif

Siang Malam Bertabur Hiburan, Warga Bangkle Blora Rayakan Sedekah Bumi Spesial

Rabu, 08 Juni 2022 - 17:57 | 102.33k
Arak arakan karnaval dan kirab gunungan sedekah bumi kelurahan Bangkle, Blora Kota (Foto Firmansyah/Times Indonesia)
Arak arakan karnaval dan kirab gunungan sedekah bumi kelurahan Bangkle, Blora Kota (Foto Firmansyah/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLORA – Bahagia tengah menyelimuti masyarakat Bangkle, Blora Kota, Jawa Tengah, Pasalnya acara tahunan sedekah bumi yang digelar tahun ini terasa spesial karena siang malam bertabur hiburan.

Acara setahun sekali yang dirayakan tiap Rabu Kliwon tersebut, sejak tadi malam hingga saat ini padat dengan sederet agenda dan hiburan warisan leluhur. Tema yang digunakan tahun ini bertajuk gerebek sedekah bumi ke 243 Kelurahan Bangkle.

Hiburan yang memeriahkan tradisi tersebut, diantaranya belasan pagelaran seni tari, arak arakan reog dan barongan, karawitan, kirab pusaka, karnaval Seni budaya, hingga rebutan gunungan berisi hasil bumi yang melibatkan ratusan warga untuk berpartisipasi.

Arak-arakan-karnaval-dan-kirab-a.jpgNgalap berkah rebutan gunungan sedekah bumi Kelurahan Bangkle, Blora Kota (Foto Firmansyah/Times Indonesia)

Tak heran jika masyarakat antusias menyaksikan dan memadati jalan protokol Kelurahan Bangkle hingga kantor Kelurahan di wilayah Blora Kota tersebut. Mereka mengaku event kali ini terbilang sangat istimewa dan meriah sekali.

Lurah Bangkle, Andi Nurrohman mengatakan bahwa acara seperti ini baru pertama kali digelar setelah terhenti selama dua tahun karena pandemi. Tujuannya untuk nguri-uri budaya leluhur yang telah diwariskan di bumi Sentana Bangkle.

"Agendanya kali ini ada kerja bhakti, gotong royong, pengajian kirab pusaka, kirab budaya ziarah ke makam Lurah terdahulu, dan terakhir ke makam leluhur Mbah Sentono," terangnya, Rabu (8/6/2022).

Lurah asal Jepon tersebut menambahkan bahwa selain menjalankan tradisi, gerebek desa juga memiliki harapan lain, yakni supaya ada kesejahteraan khususnya rakyat Bangkle dan umumnya masyarakat Blora.

Arak-arakan-karnaval-dan-kirab-b.jpg

“Grebek Kelurahan ini juga tujuan utamanya adalah gotong royong. Mulai masyarakatnya, lembaganya maupun pemerintahnya. Semuanya harus kompak,” jelasnya.

Sementara itu, di tengah rebutan gunungan yang usai doakan, Siti Masruroh, warga setempat mengaku mendapat sayuran dan buah-buahan.

“Dapat banyak, ada sayuran, ada juga jeruk. Nanti untuk masak dan makan. Dan yang jelas semoga sedekah bumi kali ini agar warga Bangkle rejekinya  lancar,” harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES