Pendidikan

UNEJ dan 23 PTS se-Besuki Raya Sepakat Gelar SBMPTBR 2022, Ini Jadwalnya

Rabu, 08 Juni 2022 - 18:36 | 59.14k
Rapat koordinasi SBMPTBR 2022 yang digelar di aula lantai III gedung Rektorat dr. R. Achmad Universitas Jember. (Foto: Universitas Jember for TIMES Indonesia)
Rapat koordinasi SBMPTBR 2022 yang digelar di aula lantai III gedung Rektorat dr. R. Achmad Universitas Jember. (Foto: Universitas Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sebagai wujud kerjasama, Universitas Negeri Jember (UNEJ) selaku Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 23 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Besuki Raya sepakat menggelar jalur pendaftaran bagi mahasiswa baru melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR).

Seleksi tersebut merupakan jalur ujian mandiri yang bisa diakses oleh calon mahasiswa baru dari berbagai kabupaten se-Indonesia. 

Kesepakatan ini terwujud dalam rapat koordinasi SBMPTBR 2022 di aula lantai III gedung Rektorat dr. R. Achmad UNEJ yang dihadiri Rektor UNEJ beserta para wakil rektor dan perwakilan seluruh PTS di wilayah Besuki Raya. 

Rektor UNEJ, Iwan Taruna mengatakan bahwa keberadaan SBMPTBR tersebut sudah dimulai semenjak tahun 2015. Menurutnya, SBMPTBR dinilai efektif dan efisien sebagai sarana seleksi calon mahasiswa baru. 

Menurutnya, parameter seleksi yang sama juga dapat menjadi tolok ukur sejauh mana kualitas calon mahasiswa yang akan mereka terima. Bagi siswa atau peserta akan mendapatkan kemudahan memilih program studi di UNEJ dan atau di PTS hanya dalam satu kali seleksi.

"Sementara bagi UNEJ, jalur SBMPTBR adalah jalur ujian mandiri yang menyediakan kuota dua puluh persen mahasiswa baru angkatan tahun 2022,” kata rektor, Rabu (8/6/2022). 

Selain bekerjasama dalam penerimaan mahasiswa baru, pihaknya juga berkolaborasi dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kolaboratif.  "Kerjasama juga diwujudkan dengan berbagai pelatihan serta kegiatan akademik seperti seminar dan riset bersama," lanjutnya. 

Sementara itu, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNEJ, Prof Slamin menjelaskan mekanisme SBMPTBR mulai dari proses pendaftaran hingga tes tulis dan pengumuman calon mahasiswa baru. 

"Proses pendaftaran SBMPTBR akan dilakukan secara daring dari tanggal 20 Juni hingga 30 Juni 2022. Kemudian dilanjutkan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada tanggal 4 Juli hingga 10 Juli 2022," terangnya. 

Mengingat kondisi penanganan pandemi Covid-19 yang kian membaik, lanjut Slamin, maka panitia memutuskan seleksi UTBK akan digelar di kampus UNEJ.

Mekanisme SBMPTBR akan bermuara pada pengumuman calon mahasiswa baru pada tanggal 13 Juli 2022 mendatang yang dilanjutkan dengan proses registrasi ulang di masing-masing kampus.

Panitia bersepakat untuk mekanisme seleksi pada SBMPTBR tahun ini menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer. Untuk itu pihaknya sudah menyiapkan perangkat komputer sebanyak 675 di setiap sesi UTBK-nya.

"Mekanisme seleksi dengan UTBK kami pilih sebab lebih cocok mengingat ada calon peserta yang mungkin kemarin tidak mengikuti SBMPTN sehingga diharapkan kesempatan siswa untuk melanjutkan ke bangku kuliah makin terbuka lebar,” ungkap Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNEJ. 

Untuk informasi, beberapa PTS yang terlibat dalam program penerimaan mahasiswa melalui jalur SBMPTBR bersama UNEJ ini di antaranya Universitas Tujuh Belas Agustus Banyuwangi, Akademi Kesehatan Rustida Banyuwangi, Akademi Kebidanan Dharma Praja Bondowoso, STKIP PGRI Situbondo, ITB Widya Gama Lumajang, Panca Marga Probolinggo dan PTS lain. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES