Peristiwa Internasional

Partai Berkuasa PBJ India Instruksikan Pejabatnya Hati-hati dalam Pidato Masalah Agama

Rabu, 08 Juni 2022 - 17:28 | 59.20k
Orang-orang meneriakkan slogan-slogan saat mereka memegang plakat selama protes di Kolkata menuntut penangkapan anggota PBJ Nupur Sharma karena komentarnya yang menghujat Nabi Muhammad (FOTO: Al Jazeera/Rupak De Chowdhuri/Reuters)
Orang-orang meneriakkan slogan-slogan saat mereka memegang plakat selama protes di Kolkata menuntut penangkapan anggota PBJ Nupur Sharma karena komentarnya yang menghujat Nabi Muhammad (FOTO: Al Jazeera/Rupak De Chowdhuri/Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Para pemimpin partai nasionalis Hindu yang berkuasa di India, PBJ (Partai Bharatiya Janata) menginstruksikan para pejabatnya untuk berhati-hati saat berbicara tentang agama di platform publik menyusul mencuatnya pernyataan penghinaan terhadap Nabi Muhammad yang mengundang protes dari negara-negara muslim di dunia.

Dua pemimpin PBJ pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan instruksi lisan diberikan kepada lebih dari 30 pejabat senior dan beberapa menteri federal yang berwenang untuk mengambil bagian dalam debat yang diselenggarakan oleh saluran berita India yang sering disiarkan langsung ke jutaan pemirsa, Kantor berita Reuters melaporkan.

"Kami tidak ingin pejabat partai berbicara dengan cara yang menyakiti sentimen agama dari komunitas mana pun. Mereka harus memastikan doktrin partai dibagikan dengan cara yang canggih," kata seorang pemimpin senior PBJ dan menteri federal di New Delhi.

Dengan sekitar 110 juta anggota, terutama Hindu, PBJ adalah partai politik terbesar di dunia, sementara Muslim terdiri dari sekitar 13 persen dari 1,35 miliar penduduk India.

Pekan lalu, PBJ menangguhkan juru bicaranya Nupur Sharma dan mengusir kepala sel media, Delhi Naveen Kumar Jindal setelah negara-negara Muslim menuntut permintaan maaf dari pemerintah India dan memanggil diplomat untuk memprotes pernyataan anti-Islam yang dibuat selama debat TV.

Qatar, Arab Saudi, Oman, Uni Emirat Arab, Indonesia, Afghanistan, Pakistan, dan Iran termasuk di antara negara-negara yang menyampaikan keluhan mereka kepada publik .

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) beranggotakan 57 negara yang berpengaruh mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penghinaan itu datang dalam konteks suasana kebencian yang semakin intens terhadap Islam di India dan pelecehan sistematis terhadap umat Islam.

Pada hari Rabu, menteri luar negeri Iran, Hossein Amirabdollahian tiba di New Delhi untuk pembicaraan bilateral dengan India - kunjungan pertama oleh seorang menteri senior negara anggota OKI setelah pernyataan tentang nabi memicu kemarahan di dunia Arab dan negara-negara mayoritas muslim lainnya.

Iran telah memanggil utusan India di Teheran untuk mengajukan protesnya terhadap pernyataan anti-Islam yang dibuat oleh Nupur Sharma dan Jindal.

Muslim minoritas India telah merasakan lebih banyak tekanan dalam segala hal mulai dari kebebasan beribadah hingga mengenakan jilbab (jilbab) di bawah pemerintahan PM Modi. Ada bentrokan Hindu-Muslim selama prosesi keagamaan baru-baru ini, menyusul kerusuhan mematikan pada 2019 dan 2020.

Meskipun partai tersebut telah membantah adanya peningkatan ketegangan komunal selama pemerintahan Modi, aturan PBJ telah mendorong kelompok-kelompok Hindu garis keras dalam beberapa tahun terakhir untuk mengambil alasan yang mereka katakan mempertahankan keyakinan mereka, memicu peningkatan sentimen anti-Muslim.

Departemen Luar Negeri AS, dalam laporan tahunan tentang kebebasan beragama internasional yang dirilis pekan lalu, mengatakan bahwa serangan terhadap anggota komunitas minoritas, termasuk pembunuhan, penyerangan dan intimidasi, terjadi di India sepanjang tahun 2021.

Kementerian luar negeri India mengatakan pada hari Senin bahwa tweet dan komentar ofensif sama sekali tidak mencerminkan pandangan pemerintah.

"Kami tidak dilarang berbicara tentang masalah agama yang sensitif, tetapi kami tidak boleh menghina prinsip dasar agama apa pun," kata juru bicara senior PBJ,  Gopal Krishna Agarwal.

Modi dalam beberapa tahun terakhir telah meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara Muslim yang kaya energi, sumber utama impor bahan bakar India. "Tetapi hubungan tersebut mendapat tekanan dari komentar anti-Islam oleh dua anggota PBJ," kata pakar kebijakan luar negeri.

Protes skala kecil meletus di beberapa bagian India ketika kelompok-kelompok Muslim menuntut penangkapan juru bicara PBJ, Nupur Sharma  yang diskors setelah menghina Nabi Muhammad. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES