Hukum dan Kriminal

Buntut Manusia Nikahi Kambing, Warga Gresik Laporkan Dugaan Penistaan Agama

Rabu, 08 Juni 2022 - 14:47 | 255.45k
Aliansi WC Gresik membawa seekor kambing saat demo di DPRD Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Aliansi WC Gresik membawa seekor kambing saat demo di DPRD Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Buntut adanya pernikahan nyeleneh manusia dengan kambing membuat resah. Bahkan, secara resmi warga Gresik melaporkan ke pihak berwajib atas dugaan penistaan agama.

Sebelum melapor ke Polres Gresik, mereka yang tergabung dalam aliansi Warga Cerdas (WC) melakukan aksi protes ke Kantor DPRD. Mereka membawa seekor kambing. 

Korlap Aksi Syahruddin mengatakan video pernikahan tak lazim ini sangat memalukan. Bahkan, dinilai telah menistakan agama. Alasannya karena dalam kegiatan itu ada bait Ijab Qobul.

"Kami minta proses anggota dewan yang diduga melakukan penistaan agama. Badan kehormatan minta merespon tuntutan kami. Kasus pidanya kami laporkan ke polres," katanya, Rabu (8/7/2022).

Syahruddin menambahkan, sebagai bentuk aksi protes dia sengaja membawa seekor kambing. Hal ini sebagai sindirian mereka atas adanya pernikahan aneh itu.

Selain yang ada di video itu, mereka juga meminta BK DPRD memeriksa dua anggota dewan yakni Nurhudi Didin Arianto dan Moh Nasir. Dia dari Fraksi Nasdem yang terlibat dalam pernikahan tersebut.

"Aksi bawa kambing ini simbol protes kami. Jika dalam seminggu tuntutan tak ada hasil kami akan menggeruduk dan aksi yang lebih banyak lagi. Kami minta anggota dewan yang terlibat dicopot," imbuh dia.

Selain aliansi WC, Aliansi Masyarakat Peduli Gresik juga melapor ke wakil rakyat dan Polres Gresik. Perwakilan aliansi, Umi Khulsum mengecam kegiatan menyimpang tersebut.

Umi menilai, kegiatan itu juga diduga menyalahi etika masyarakat dan gander. Apalagi, sosok perempuan disimbolkan dengan kambing. Dengan alasan apapun, itu tidak dibenarkan. "Itu kan melecehkan, masak perempuan disimbolkan dengan kambing," ujarnya.

Menurut Umi, aparat harus tegas. Kasus ini kata dia telah menjadi perhatian publik Kota Pudak. Jangan sampai aparat terlena dan tidak menindaklanjuti. Apalagi, MUI Gresik menyebut kegiatan itu menyimpang.

"Jadi aparat harus tegas, juga penanganan yang di dewan. Apalagi melibatkan anggota dewan," terangnya, menambahkan.

Sementara itu, Ketua DPRD Gresik, M Abdul Qodir menyatakan akan serius menangani. Melalui badan kehormatan (BK), dalam waktu dekat akan memanggil yang bersangkutan.

"Akan kami panggil, karena Ketua BK (M Nasir) hadir dalam pernikahan aneh tersebut, maka nanti akan dipimpin wakil ketua dewan Pak Mujid Riduan," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang laki-laki bernama Saiful Arif (44) menikah dengan seekor kambing. Kehebohan ritual pernikahan nyeleneh berlangsung di Pesanggrahan Keramat Ki Ageng, Desa Jogodalu, Benjeng.

Untuk itu, warga Gresik melaporkan dugaan penistaan agama karena adanya kasus pria nikahi kambing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES