Pendidikan UIN Malang

Tim Mahasiswa UIN Maliki Malang Wakili Indonesia di Ajang Debat Bahasa Arab di Qatar

Rabu, 08 Juni 2022 - 12:40 | 46.97k
Tim mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi delegasi Indonesia di ajang lomba debat internasional. (Foto: UIN Malang for TIMES Indonesia)
Tim mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi delegasi Indonesia di ajang lomba debat internasional. (Foto: UIN Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Empat mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menjadi delegasi Indonesia dalam ajang lomba debat Bahasa Arab 6th International Universities Debating Championship (IUDC) Qatar Debate (Qatar Foundation) tahun 2022.

Kesempatan emas ini tak ingin disia-siakan. Tim mahasiswa melakukan persiapan matang sebelum menghadapi debaters tingkat internasional.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. M. Zainuddin, MA saat menerima kunjungan silaturahmi untuk pamitan dan minta doa restu, memberikan arahan dan ucapan selamat kepada mahasiswa berprestasi.

Rektor asal Bojonegoro ini berpesan agar tim bisa selalu kompak, solid dan bersungguh-sungguh. Ia meminta mahasiswa memberikan perjuangan terbaiknya untuk membawa nama baik almamater.

"Selamat kepada ananda sekalian, semangat berjuang dalam lomba dan saya berharap selalu jaga diri dan juga nama baik almamater kampus kita tercinta ini," katanya.

Sementara itu, Dekan FITK UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd mengungkapkan rasa syukur dan bangga sebab mahasiswa FITK berkesempatan mewakili Indonesia di ajang debat Bahasa Arab di tingkat internasional.

“Semoga tim yang berangkat diberikan kelancaran dan dapat mengharumkan nama kampus dan Indonesia di kancah internasional," ucapnya.

Dalam lomba bergengsi ini, debaters dari UIN Maliki Malang ini diikuti oleh empat mahasiswa, yakni Charirotut Tohiroh (prodi PBA angkatan 2018 Fakultas Tarbiyah), Zuhri Mawardi (prodi PBA angkatan 2019, Fakultas tarbiyah), lalu Muhammad Khozinul Asror (Semester delapan) dan Ummi Hasanah, keduanya sama-sama prodi Bahasa dan Sastra Arab dari Fakultas Humaniora.

Charirotut Tohiroh mengatakan bahwa untuk mendapat kesempatan mewakili debat tersebut tidak mudah, sebab dirinya dan rekan lainnya harus mengikuti seleksi internal kampus pada tanggal 7 November 2021 lalu.

Pasca lolos seleksi internal dan diperoleh empat mahasiswa yang terpilih maka diikutsertakan pada tahap seleksi nasional yang dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 28 November 2021.

Charir menambahkan bahwa ajang IUDC Qatar Debate (Qatar Foundation) sendiri digelar dua tahun sekali. Biasanya agenda tersebut dihelat di Doha, Qatar. Namun, pada tahun ini dipindah di Istanbul Turki yang akan dilaksanakan pada 17-23 Juni 2022.

Ia menjelaskan dalam lomba Debat Bahasa Arab itu terdapat ratusan peserta dari berbagai kampus dari belahan dunia untuk ikut serta meramaikan lomba tersebut, dan setiap kampus mengirimkan empat mahasiswa terbaiknya.

“Ada tiga kampus dari Indonesia yang berkesempatan untuk memeriahkan perlombaan Internasional tersebut, salah satunya adalah UIN Maliki Malang. Perlombaan berlangsung selama 4 hari yaitu Jumat-Minggu (17-20/6/2021) di Istanbul,” ujarnya.

Hari pertama merupakan babak penyisihan terdiri dua sesi. Lalu tahap penyisihan ada di sesi ketiga yang dilaksanakan esok harinya. Peserta yang lolos babak penyisihan akan dipertemukan di babak perempat final di hari kedua.

Selanjutnya, peserta yang lolos babak perempat final akan melanjutkan pertandingan di semifinal hari berikutnya, dan yang lolos akan langsung masuk ke babak final pada hari keempat. “Doakan kami ya, supaya bisa menjadi juara dan membanggakan almamater UIN Maliki Malang tercinta,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES