Hukum dan Kriminal

Relawan Indah Kurnia Berkumpul, Doakan Justin Mendapat Keadilan

Selasa, 07 Juni 2022 - 21:25 | 41.76k
Relawan Pecinta Kemanusiaan dan Anti Kekerasan Wilayah Surabaya-Sidoarjo membacakan pernyataan sikap mendukung Justin Frederick untuk mendapatkan keadilan, Selasa (7/6/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Relawan Pecinta Kemanusiaan dan Anti Kekerasan Wilayah Surabaya-Sidoarjo membacakan pernyataan sikap mendukung Justin Frederick untuk mendapatkan keadilan, Selasa (7/6/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Tragedi pemukulan Justin Frederick di Tol Dalam Kota Jakarta menuai simpati berbagai pihak. Solidaritas turut mengalir bagi putra bungsu Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PDIP, Indah Kurnia tersebut.

Sejumlah tokoh yang mengatasnamakan Relawan Pecinta Kemanusiaan dan Anti Kekerasan Wilayah Surabaya-Sidoarjo menggelar doa bersama dipimpin oleh Gus Fahmi. Acara berlangsung secara hybrid dengan tagar Justice for Justin, Selasa (7/6/2022).

Para kader PDI Perjuangan beserta masyarakat luas memenuhi Posko Indah Kurnia di Pondok Candra, Surabaya. Mereka juga menyampaikan poin pernyataan sikap. 

Koordinator Relawan, Imam Turmudi mengatakan, pada poin pertama, mereka merasa prihatin dan menyesalkan kejadian penganiayaan pada Sabtu (4/6/2022) lalu. 

Kedua, meminta aparat penegak hukum proporsional dan profesional dalam menangani kasus ini sesuai undang-undang yang berlaku. Ketiga, memberi apresiasi tinggi terhadap orang yang mengambil video sehingga bisa membantu proses hukum.

"Keempat, memberi apresiasi tinggi kepada Ibu Indah Kurnia dan sekeluarga yang menyikapi peristiwa ini lewat jalur hukum," tegas Imam Turmudi. 

Kemudian kelima, lanjut dia, mengharap kepada masyarakat luas agar menjadikan pelajaran bahwa penganiayaan adalah penghinaan terhadap nilai kemanusiaan. 

Mereka juga akan mengawal serta membuat surat terbuka kepada Kapolri agar peristiwa seperti itu tidak terulang kembali. 

"Warga PDI Sidoarjo siap mengawal proses hukum sampai selesai. Kami harap Bapak Kapolri memperhatikan masalah ini," ungkap Choirul Hidayat, kader PDIP Sidoarjo yang hadir secara virtual. 

Peristiwa ini disebut menjadi pembelajaran bagi seluruh masyarakat agar berhati-hati dalam bertindak. Apalagi saat ini dunia dalam genggaman piranti digital. Sehingga setiap tindakan dapat terekam dan tersebar dengan cepat. 

Dalam rekaman video yang beredar di jagat maya, nampak dua orang pria menghantam Justin Frederick bertubi-tubi. Namun belakangan, sejumlah pihak justru diduga mencoba memutar balikan fakta tersebut. 

"Kami kaget, apalagi sekarang ada pihak yang mencoba menggiring opini bahwa yang memulai adalah Mas Justin terlebih dahulu," ungkapnya.

Padahal selama ini, Justin dikenal sebagai sosok pendiam dan tidak banyak tingkah. 

"Dengan profil mas Justin  yang seperti itu, kami yang biasanya berinteraksi rasanya tidak mungkin melakukan. Jadi ada pembelokan opini," tegas dia.

Solidaritas juga mengalir dari kumpulan musisi Surabaya Entertainer Club (SEC) binaan Indah Kurnia selama ini. 

Perwakilan SEC, FX Boy, mengatakan, sangat mengenal baik keluarga Indah Kurnia bersama anak cucunya. Justin dikenal sebagai pemuda baik, pendiam dan santun. 

"Kami semua mendukung kebenaran dari Justin. Kami juga pada Hari Kamis akan melakukan doa lintas agama di Omah Sae agar proses kejadian ini segera selesai dan Bu Indah dapat kembali tenang dan ananda Justin juga segera sembuh seperti sedia kala," harapnya. 

Diketahui, Justin Frederick saat ini menjalani perawatan intensif di rumah sakit usai mengalami muntah-muntah dan beberapa bagian tubuh luka lebam. Justin viral menjadi korban penganiayaan di Jalan Tol Dalam Kota, Gatot Subroto, Jakarta beberapa waktu lalu. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES