Ekonomi

Mengenal Rivan Kurniawan, Sosok Inspiratif Muda di Dunia Investasi Saham

Selasa, 07 Juni 2022 - 10:40 | 135.42k
Rivan Kurniawan merupakan sosok investor yang merdeka secara finansial pada usianya yang belum mencapai 30 tahun.(Foto: Dokumen Pribadi/Rivan Kurniawan)
Rivan Kurniawan merupakan sosok investor yang merdeka secara finansial pada usianya yang belum mencapai 30 tahun.(Foto: Dokumen Pribadi/Rivan Kurniawan)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Bangsa Indonesia patut berbangga dengan investor ulung satu ini. Sosok yang berhasil mengukir prestasi membanggakan di pasar saham di usia muda, Rivan Kurniawan namanya.

Sosok yang kerap disapa sebagai Rivan ini memulai sepak terjangnya dalam dunia investasi saham dari usia 20 tahun. Sejak ia masih menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

"Saya menggeluti dunia investasi saham ini bermodalkan tabungan yang saya kumpulkan sejak SD dan juga penghasilan dari kerja saya," kata Rivan.

Rivan sejak muda memiliki lebih dari satu penghasilan mulai dari bekerja di berbagai perusahaan nasional dan multinasional seperti McKinsey & Company, PT Astra International, PT XL Axiata, dan juga PT Dell Indonesia. Ia juga menambah penghasilannya dengan menjual Android Smart TV secara online.

Di tahun pertama dalam bisnis  Android Smart TV, Rivan langsung berhasil meraup keuntungan hingga 70 persen seiring dengan kenaikan IHSG pasca krisis 2008. Namun, kurangnya pengetahuan dan keterampilannya dalam dunia investasi membuat RK harus merugi sebesar Rp 1 Miliar di tahun berikutnya.

Sosok pejuang yang pantang menyerah dan berani mencoba, Rivan belajar dari kerugiannya dan mulai menekuni lebih dalam tentang dunia investasi. Ia secara mandiri  belajar mengenai fundamental saham dengan membaca berbagai buku dan mengikuti seminar investasi ke Singapura.

Pada tahun 2016, Rivan memutuskan menjadi Full Time Investor, atas dasar passive income yang diterimanya dari dividen sudah cukup mampu memenuhi pengeluarannya.

Rivan dikenal sebagai investor yang jeli dalam melihat peluang. Ia memiliki pandangan bahwa krisis adalah peluang.

Ketika pasar saham jatuh di tahun 2008, 2013, 2015, 2020, ia berhasil meraih untung lebih dari beberapa hasil investasinya. Begitu juga di tahun 2020 saat pandemi memperburuk pasar saham, Rivan justru agresif dalam membeli saham dan menuai keuntungan saat pasar saham pulih. Per akhir 2020 diperkirakan dana investasinya mencapai Rp 50 miliar.

Kepiawaiannya dalam berinvestasi menjadikan Rivan sebagai sosok investor yang merdeka secara finansial pada usianya yang belum mencapai 30 tahun.

Rivan dikenal sebagai investor yang jeli melihat peluang saham-saham yang terdiskon. Ia pernah menghasilkan keuntungan 3x lipat ketika membeli saham ULTJ di harga 1000 pada tahun 2012 dan menjualnya di harga 3000 sekitar 2 tahun kemudian.

Ia juga pernah menghasilkan keuntungan 3x lipat ketika ia membeli WSKT di harga 600 pada tahun 2014 dan menjualnya di harga 1800 di tahun 2016.

Di tahun 2016, ia bahkan berhasil menghasilkan keuntungan 4x lipat ketika berinvestasi di MEDC pada harga 950 dan menjualnya pada harga 4000, serta ketika membeli saham INDY di harga 700 dan menjualnya pada harga 3000.

Di tengah-tengah kesuksesannya, Rivan tetap menjadi sosok yang mau berbagi kepada masyarakat. Ia telah berhasil mengedukasi dan menginspirasi masyarakat Indonesia yang masih awam dengan dunia investasi melalui seminar, workshop, dan sosial media.

Rivan juga menuangkan ilmu dan pengalamannya ke dalam buku yang berjudul 'Multibagger' dan 'Fundamental VS Technical : Which Side Are You'.

Tidak hanya itu, Rivan juga mendirikan komunitas investor, yang terdiri dari berbagai profesi dan latar belakang sebagai wadah pembelajaran yang aktif membagikan informasi dan keterampilan investasi. Saat ini lebih dari 3000 orang dari berbagai kota di Indonesia telah bergabung dalam komunitas investor Rivan Kurniawan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES