Peristiwa Internasional

Latgab NATO Libatkan 45 Armada Kapal Perang dari 16 Negara  

Minggu, 05 Juni 2022 - 20:07 | 19.16k
USS KEARSAGE, kapal barang AS bersandar di si Stockholm, Swedia pada 3 Juni 2022 untuk mengikuti latihan di Samudra Baltik. (Foto: Narciso Contreras-Anadolu Agency) 
USS KEARSAGE, kapal barang AS bersandar di si Stockholm, Swedia pada 3 Juni 2022 untuk mengikuti latihan di Samudra Baltik. (Foto: Narciso Contreras-Anadolu Agency) 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beberapa waktu lalu seluruh negara yang tergabung dalam NATO merencanakan latihan gabungan khusus untuk menjaga area maritim negara-negara tersebut. Kali ini latihan gabungan (latgab) tersebut akan dilaksanakan di Stockholm, Ibukota Swedia.

Hingga kini tak kurang dari 40 armada telah bersandar di pelabuhan Stockholm. Kapal-kapal tersebut berasal dari 16 negara anggota NATO. Negara-negara tersebut antara lain Turki, Belgia, Bulgaria, Denmark, Estonia, Prancis, Jerman, Latvia, Lithuania, Belanda, Norwegia, Polandia, nggris, dan AS.

Ditambah Finlandia, serta Swedia dua negara mitra yang baru bergabung dengan NATO akhir-akhir ini. Swedia juga menunjukkan kesungguhan mereka bekerjasama dalam kelompok negara ini dengan menawarkan diri sebagai tuan rumah.

Latihan ini rencananya akan dimulai besok 5/6/2022). Menurut Peter Hultqvist, Menteri Pertahanan Swedia mengungkap latihan ini sejatinya ditujukan untuk memberikan sinyal pertahanan wilayah sekitar Stockholm. Dia bahkan menyebut latihan ini sebagai perang dingin atau tameng besi.

"14 negara sekutu, 2 negara mitra, 45 lebih kapal perang, 75 lebih pesawat tempur, dan sekitar 7.000 personil gabungan akan dikerahkan dalam latgab yang dilaksanakan pada 5-17 Juni nanti," ungkap NATO Melalui rillis seperti dilansir dari Anadolu Agency.

Latihan tempur ini juga merupakan latihan pertama yang diadakan Swedia setelah terakhir dilaksanakan pada 1972. Bagi NATO latgab yang mereka sebut sebagai BALTOPS  ini merupakan latgab ke-22 yang diadakan setiap tahunnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES