Pendidikan

Wagub Jatim Harap Pergunu Tingkatkan Kualitas SDM Kabupaten Probolinggo

Minggu, 05 Juni 2022 - 20:56 | 41.16k
Wagub Jatim Emil Elistyanto Dardak saat memberi sambutan secara virtual di acara Pelantikan PAC Pergunu se-Kota Kraksaan di Ponpes Nurul Jadid (foto: Dedik for TIMES Indonesia)
Wagub Jatim Emil Elistyanto Dardak saat memberi sambutan secara virtual di acara Pelantikan PAC Pergunu se-Kota Kraksaan di Ponpes Nurul Jadid (foto: Dedik for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistyanto Dardak berharap Persatuan Guru Nahdlatul Ulama atau Pergunu, turut andil dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Probolinggo.

Hal itu disampaikan Emil Dardak secara virtual di acara Pelantikan PAC Pergunu se-Cabang Kota Kraksaan Periode 2022-2027 bertema "Guru Mulia, Membangun Peradaban Dunia," di Aula 1 Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo, Minggu (5/6/2022).

"Mudah-mudahan eksisensi Pergunu sampai di garis depan, termasuk PAC, turut berperan serta meningkatkan kualitas SDM yang ada di Kabupaten Probolinggo," harapnya.

Emil Dardak juga berharap, gerakan NU yang disupport Pergunu akan meningkatkan daya saing serta meningkatkan intelektualitas peserta diidk.

"Tapi dengan tidak melepaskan akar sebagai institusi yang mengedepankan karakter dan akhlak," katanya.

Sebagai catatan, berdasarkan data BPS Provinsi Jawa Timur, Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Kabupaten Probolinggo tahun 2021 berada di angka 66,26.

Angka itu menempatkan daerah dengan 1,15 juta penduduk ini, berada di rangking empat terbawah di antara 38 kabupaten dan kota se-Jawa Timur.

Di bawah Kabupaten Probolinggo ada Kabupaten Lumajang dengan IPM 66,07, Kabupaten Bangkalan dengan IPM 64,36, dan Kabupaten Sampang dengan IPM 62,80.

IPM sendiri, merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia.

IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar. Meliputi umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak.

Selain Emil Dardak, pelantikan 14 PAC Pergunu di wilayah Kota Kraksaan, dihadiri Pengasuh Ponpes Nurul Jadid, KH. Moh Zuhri Zaini; dan Ketua Pimpinan Wilayah Pergunu Jatim, H. Sururi.

Sururi berpesan agar Pergunu menjaga karakter guru NU, dan meneladan kiai pesantren. Ia juga berpesan untuk belajar kitab Adabul Alim wal Muta'allim karya KH. Hasyim Asy'ari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES