Pendidikan

Ramai di Medsos, MAN 1 Gresik Pungut Biaya PPDB Hingga Rp2,7 Juta Per Siswa

Minggu, 05 Juni 2022 - 08:00 | 127.65k
MAN 1 Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
MAN 1 Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Dunia pendidikan kembali tercoreng. Meski sudah ada bantuan operasional sekolah, MAN 1 Gresik memungut biaya PPDB hingga Rp2,7 Juta per siswa. Hal ini pun jadi perbincangan hangat di media sosial.

Sesuai ketententuan, tariikan dengan model seperti itu tak diperbolehkan. Mandrasah negeri yang berlokasi di Kecamatan Bungah ini pun dikecam netizen.

"Tahun ajaran baru dijadikan sekolah-sekolah meraup rupiah. Tidak hanya sekolah swasta favorit, sekolah negeri setengah favorit ambil bagian. Bisa jadi contoh di MAN 1 Gresik yang lokasinya di Kecamatan Bungah. Menggelar tes masuk tanggal 25 Mei, dan daftar ulang tanggal 1-4 Juni. Biaya daftar ulang Rp2,7 juta. Ini sekolah negeri lo," ucap salah satu nitizen.

Ketika dikonfirmasi, Kepala MAN 1 Gresik Muhari menyatakan tarikan pendaftaran ulang tersebut dibebankan untuk siswa yang sedang ikut daftar ulang setelah dinyatakan lulus tes.

"Uang itu di antaranya untuk seragam siswa. Juga untuk biaya ekstra selama setahun," katanya, Sabtu (4/6/2022).

Tarikan itu, kata Muhari untuk membiayai sejumlah kebutuhan siswa. Hanya ia mengaku tak hafal  rinciannya. Menurutnya, tarikan tersebut menjadi kebijakan Komite Sekolah (KS).

"Tarikan itu yang menangani Komite Sekolah," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Gresik Mochammad meminta agar Kemenag memberikan teguran dan klarifikasi. 

"Itu wilayah Kemenag. Intansi vertikal," terangnya.

Namun, sebagai wakil rakyat DPRD Gresik, dimana anak-anak yang sekolah di MAN 1 Gresik adalah warganya. Dia sangat menyayangkan adanya tarikan itu.

"Tarikan dengan model itu tak diperbolehkan. Itu dilarang jelas," tegas Muhamad menanggapi tarikan PPDB MAN 1 Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES