Ekonomi

Dukung Upaya Pemberdayaan UMKM, Untari: Kita Perlu Mempersiapkan Generasi Muda Gerakan Koperasi

Sabtu, 04 Juni 2022 - 19:39 | 45.85k
Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP. (Foto: Dok. Sri Untari for TIMES Indonesia)
Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP. (Foto: Dok. Sri Untari for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP. mengapresiasi langkah Kinarya Coop sebagai sebuah terobosan baru dalam dunia gerakan koperasi di tanah air.

Globalisasi membawa berbagai perubahan dalam sistem masyarakat dunia termasuk juga Indonesia, ketika penyebaran arus informasi terjadi secara cepat dengan memanfaatkan perkembangan platform teknologi yang semakin pesat perkembangannya.

Film menjadi media untuk bisa menyebarkan berbagai nilai, tradisi, dan juga mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki oleh Indonesia. Kinarya Coop menjadi salah satu pelopor gerakan koperasi yang bergerak dibidang dunia perfilman tanah air.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan meluncurkan program bersama Jahja Soenaryo selaku CEO Business Forum yang juga mentor UMKM Kinarya Coop melalui peluncuran program audisi Produk UMKM Film Mentari Kembar.

"Ini ada sebuah model yang luar biasa yang dilakukan Kinarya Coop mengajak masyarakat dan anak-anak muda berkoperasi dengan model baru," terang Sri Untari, Sabtu (4/6/2022).

Didik-SUhardi.jpg

Menurutnya, kreativitas dan inovasi gerakan koperasi seperti yang dilaksanakan oleh Kinarya Coop melalui industri film menjadi sebuah terobosan baru. Dia mengaku sangat antusias dan bahkan telah menjalin komunikasi dengan Dinas Pendidikan Jawa Timur untuk bisa mengikutsertakan para pelajar juga berkolaborasi dengan Duta Pancasila Kabupaten Malang untuk turut serta dalam audisi film yang diinisiasi Kinarya Coop.

"Saya senang sekali kalau ketemu anak muda yang kreatif, yang kemudian bisa menjadi kader-kader baru gerakan koperasi. Itulah yang membuat saya merasa gerakan ini harus saya dukung sepenuhnya, sehingga bisa menemukan kader baru berkoperasi," imbuhnya.

Ketua Umum Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Malang - Jawa Timur tersebut berharap agar proses pembuatan film Mentari Kembar dapat menjaring anak-anak muda juga pelaku-pelaku UMKM potensial yang berpotensi untuk mempopulerkan gerakan koperasi di Indonesia.

"Kita perlu mempersiapkan generasi muda gerakan koperasi. Indonesia perlu generasi muda berikutnya untuk menyongsong Indonesia Emas 2045," tuturnya.

"Gotong royong sudah dalam tahapan implementasi, tidak lagi dalam konsep yang didiskusikan," lanjut Sri Untari.

Sementara itu, Deputi Bidang Kebudayaan Kemenko PMK Didik Suhardi menuturkan bahwa program inisiasi pembuatan Film Mentari Kembar adalah sebuah program pemberdayaan yang patut mendapatkan apresiasi.

Pasalnya, dalam perancangan pembuatan film Mentari Kembar ini melibatkan anak-anak muda serta pelaku UMKM yang kemudian dikolaborasikan untuk menampilkan potensi asli daerah, melalui keindahan alam yang menjadi daya tarik pariwisata, serta produk UKM.

"Ini adalah program pemberdayaan, tentunya program pemberdayaan ini melibatkan banyak anak-anak muda. Maka di sini diperlukan sinergi, diperlukan solidaritas antara kawula muda sehingga bisa menghasilkan produk yang hebat," kata Didik Suhardi.

Sebagai informasi kegiatan launching audisi Produk UMKM Film Mentari Kembar turut dihadiri oleh Ketua Umum Dekopin Sri Untari, Deputi Bidang Kebudayaan Kemenko PMK Didik Suhardi, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Sutrino, dan Ketua Kinarya Coop Ivony Zakaria. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES