Peristiwa Internasional

Kunjungi KBRI Washington DC, Murid SD di AS Nyanyikan 'Burung Kakatua' Sambil Main Angklung

Sabtu, 04 Juni 2022 - 10:17 | 61.56k
Murid-murid SD John Eaton memainkan angklung sembari menyanyikan lagu Burung Kakak Tua saat mengunjungi gedung KBRI Washington, D.C, Kamis (2/6/2022) waktu setempat. (FOTO: Dok. KBRI Washington DC)
Murid-murid SD John Eaton memainkan angklung sembari menyanyikan lagu Burung Kakak Tua saat mengunjungi gedung KBRI Washington, D.C, Kamis (2/6/2022) waktu setempat. (FOTO: Dok. KBRI Washington DC)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pada Kamis, 2 Juni 2022, sebanyak 24 murid sekolah dasar (SD) dari John Eaton Elementary School mengunjungi gedung KBRI Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Mereka mempresentasikan hal-hal menarik yang telah mereka pelajari tentang Indonesia. Kunjungan ini merupakan kegiatan akhir dari program adopsi sekolah atau Embassy Adoption Program (EAP) yang telah berlangsung selama 6 bulan terakhir di mana KBRI Washington DC dipasangkan dengan SD John Eaton.

KBRI-Washington-2.jpg

Disaksikan Duta Besar, Wakil Duta Besar dan staf KBRI, para murid kelas 5 SD ini secara bergantian menyampaikan presentasi singkat tentang Indonesia. Dengan antusiasme dan semangat yang tinggi, mereka berbicara tentang Indonesia mulai dari bahasa, sejarah, kultur, makanan, hingga iklim dan biodiversitas.

Beberapa murid yang terpilih untuk mewakili Indonesia pada program simulasi sidang PBB (mini Model United Nations/MUN) yang diselenggarakan Pemerintah Washington, DC berkesempatan menyampaikan hasil riset mereka terkait isu perubahan iklim.

Berperan sebagai delegasi Indonesia, para murid tersebut dengan lugas mengutarakan langkah-langkah Pemerintah Indonesia dalam menangani isu-isu seperti kenaikan permukaan air laut, penurunan emisi karbon, deforestasi, hingga transformasi energi bersih.

"Indonesia merupakan negara asal dari tempe, yang diketahui sebagai super food karena tidak hanya memiliki gizi tinggi, namun juga sebagai subtitusi dari daging yang dapat menekan emisi karbon," ungkap salah satu murid.

Tidak hanya presentasi dan berbicara dengan bahasa Indonesia, para murid juga dengan semangat menyanyikan lagu populer Indonesia yaitu "Burung Kakatua” sambil menunjukkan kemahiran bermain angklung, yang secara harmonis dipadukan dengan alat musik xylophone (gambang).

Dalam sambutannya, Duta Besar Rosan P. Roeslani memberikan apresiasi yang tinggi atas penampilan tersebut.

KBRI-Washington-3.jpg

"Kalian bermain angklung dengan sangat baik, apalagi kalian belajar hanya dalam waktu yang singkat. Saya harap kalian dapat terus belajar mengenai Indonesia setelah program EAP ini selesai," ujar Dubes Rosan yang menyapa para murid dengan hangat.

Program EAP merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan pemerintah lokal Washington DC melalui District of Columbia Public School (DCPS) dan organisasi nirlaba Washington Performing Arts yang bertujuan untuk mengenalkan murid-murid sekolah dasar di ibu kota negara AS ini dengan keragaman budaya dari negara lain.

Dalam jangka waktu 6 bulan, 75 Kedutaan negara-negara asing yang berkantor di Washington DC mengisi kelas sebulan sekali kepada murid-murid kelas 5 dan 6 SD.

KBRI Washington DC sendiri telah berpartisipasi pada program EAP sejak tahun 1983 dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman publik AS terhadap Indonesia, serta mempererat hubungan persahabatan di tingkat masyarakat antara Indonesia dan AS yang dimulai sejak usia dini.

Secara umum, para murid menyampaikan kesan yang positif selama mengikuti program EAP tahun ini dan merasa senang karena sekolah mereka telah dipasangkan dengan KBRI Washington DC.

Selain mempelajari keunikan budaya dan kekayaan alam Indonesia, para murid juga menikmati metode pembelajaran yang ringan dari program KBRI Washington DC dan menyenangkan, termasuk melakukan aktivitas kerajinan tangan seperti membatik dan membuat wayang kulit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES