Glutera News

Mengenal Public Speaking dan Tujuannya

Jumat, 03 Juni 2022 - 12:51 | 272.45k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap orang pasti dapat berbicara, namun tidak setiap orang bisa berbicara secara mudah dan menarik pada depan umum. 

Berbicara pada depan awam artinya sebuah kemampuan atau skill yang dapat dipelajari. Tekniknya bisa dengan mudah dipelajari dan sudah menjadi hal umum yg dapat dilakukan sang banyak orang.

Mungkin bagi beberapa orang yang tidak terbiasa berbicara pada depan umum, berbicara pada depan umum adalah hal yang sulit buat dilakukan, hal tersebut terjadi sebab seorang kadang merasa tak percaya diri serta tidak menyiapkannya secara baik.

Apa Itu Public Speaking?

Pada dasarnya, public speaking adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menyampaikan atau mempresentasikan suatu topik di depan umum. 

Seseorang bisa mengantarkan informasi secara jelas di hadapan audiens dengan menguasai dan menerapkan teknik berbicara yang tepat.

Poin terpenting dari keahlian public speaking adalah bagaimana seseorang tersebut dapat berbicara dengan baik dan terstruktur sehingga gagasan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh banyak orang.

Selain mengandalkan pada bagaimana cara berkomunikasi, skill ini juga perlu dibarengi dengan keyakinan diri dengan kadar yang pas. Pembawaan yang baik dapat membantu audience merasa nyaman pada performa Anda saat menyampaikan sesuatu. 

Dari rasa percaya diri ini juga akan menggiring speaker atau pembicara memiliki body language yang tepat.

Tujuan public speaking  

Meskipun hal yang dilakukan terlihat sama, namun teknik penyampaian yang digunakan akan disesuaikan dengan tujuan seseorang. Tujuan public speaking terbagi dalam beberapa jenis, berikut penjelasannya.

1. Menyampaikan motivasi

Percaya atau tidak, kata-kata biasa yang disampaikan dengan teknik public speaking yang tepat mampu merubah cara pandang seseorang terhadap sesuatu. Bahkan tanpa disadari, seseorang juga bisa menularkan semangat dan energi baru melalui lisan kepada orang-orang di sekitarnya. Biasanya, hal ini sering Anda jumpai bila berkunjung ke sebuah training motivasi.

2. Menginformasikan sesuatu

Menyampaikan suatu informasi kepada khalayak umum merupakan tujuan public speaking yang paling dasar. Jenis informasi yang dibawakan dapat beragam, mulai dari ilmu pengetahuan, berita terkini hingga pengumuman penting seperti bentuk penyuluhan mengenai jalannya sebuah gerakan sosial.

3. Mempengaruhi audiens

Selain dituntut untuk dapat mengolah suatu informasi agar mudah dipahami, seorang public speaker juga harus bisa membuat audiens tertarik mendengarkan topik yang dibawakan sampai akhir sesi.

Kebanyakan dari audiens hanya dapat dipengaruhi oleh pembicara persuasif yang terlihat meyakinkan. Umumnya, tujuan yang satu ini sering dipakai untuk kebutuhan pemasaran.

4. Mengendalikan situasi

Ternyata, keahlian berbicara juga dapat digunakan untuk mengontrol suasana dan kondisi sekitar. Misalnya saat terjadi keheningan di suatu acara, public speaker dapat mengambil alih dan membuat suasana kembali hidup.

5. Menghibur audiens

Disadari atau tidak, komedian yang biasa Anda saksikan di acara lawak ternyata juga dituntut untuk menguasai cara public speaking dengan tepat. Sebab audiens hanya akan merasa terhibur bila sang komedian dapat membawakan materinya dengan jelas dan menarik.

Manfaat public speaking  

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh ketika Anda telah menguasai soft skill satu ini. Berikut penjelasan mengenai beberapa manfaat public speaking.

1. Kepercayaan diri yang meningkat

Berbicara di depan khalayak umum dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Hal tersebut akan sangat berguna baik dalam kehidupan sehari-hari atau maupun saat berada di dunia kerja.

2. Modal berbisnis

Kemampuan berbicara di depan khalayak umum juga merupakan modal utama bagi seorang pebisnis, terutama dalam melakukan pemasaran. Contohnya bagi seorang pemilik usaha, ia perlu mengenalkan produknya ke pasar konsumen hingga investor. Tentu perlu penyampaian yang sesuai sehingga pelanggan yakin terhadap bisnis Anda.

3. Menumbuhkan skill leadership

Pemimpin yang baik perlu tau bagaimana cara berkoordinasi yang baik dengan anggotanya. Karena itulah seorang pemimpin perlu tahu bagaimana cara public speaking dengan baik. Salah satu bentuk implementasinya ditunjukkan melalui pengontrolan diri dalam memimpin para anggotanya.

4. Mudah bergaul

Manfaat lain juga bisa diperoleh dan dirasakan pada kegiatan bersosialisasi sehari-hari. Seorang pembicara yang handal selalu memiliki cara agar komunikasi dapat terus berjalan. Lawan bicara akan merasa nyaman ketika berbicara dengan Anda. Tentunya, Anda akan mendapat circle yang lebih luas karena mudah bergaul pada orang baru.

5. Bisa menyampaikan ide dengan lancar

Berbicara di publik merupakan salah satu cara terbaik untuk menyampaikan ide atau gagasan dalam pikiran Anda. Orang lain tidak akan pernah tahu betapa hebat pemikiran yang Anda miliki bila itu hanya tersimpan dan tidak pernah disampaikan di hadapan umum.

6. Meningkatkan pengetahuan

Dengan menjalin komunikasi ke banyak orang, public speaker bisa memperoleh insight baru dari lawan bicara. Skill ini juga dapat sebagai alat untuk mengukur kemampuan Anda dalam memahami banyak tipe audiens.

Public speaking adalah sebuah kemampuan komunikasi yang dapat menunjang karier Anda. Bahkan sebenarnya tidak hanya untuk karier, tapi juga kehidupan sehari-hari anda. Di kehidupan sehari-hari, pasti ada saja momen-momen yang mengharuskan kita berbicara di depan umum. 

Dengan belajar public speaking, anda dapat memberikan informasi, gagasan, ide, atau hal lainnya dengan baik. Anda juga menjadi percaya diri dan jiwa kepemimpinan juga tumbuh dalam diri. Tidak sampai di situ, menguasai public speaking membantu anda dalam memperluas relasi. (*)

Be everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES