Otomotif

Penjualan Hyundai Creta di Jatim Tembus 1.100 Unit 

Jumat, 03 Juni 2022 - 07:12 | 73.14k
Sederet varian serta tipe dari produk Hyundai CRETA dan Hyundai IONIQ 5 tampil saat pameran Hyundai Exhibition di Tunjungan Plaza 3 Surabaya, Kamis (2/6/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Sederet varian serta tipe dari produk Hyundai CRETA dan Hyundai IONIQ 5 tampil saat pameran Hyundai Exhibition di Tunjungan Plaza 3 Surabaya, Kamis (2/6/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAHyundai Creta mencatat angka penjualan fantastis secara nasional maupun regional. 

Creta telah membukukan hampir 9.500 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) terhitung sampai akhir bulan Mei 2022 sejak pertama kali diluncurkan pada tahun lalu. 

Bahkan, berdasarkan laporan wholesales dari GAIKINDO, Creta menempati posisi teratas sebagai compact SUV terlaris di bulan Maret-April 2022. 

Hyundai-Creta-b.jpg

Dari total penjualan secara nasional, Hyundai telah mengirim 4.500 unit kepada konsumen. 

Total kontribusi penjualan Creta terhadap seluruh varian produk Hyundai tercatat mencapai 60-70 persen. Angka ini membuat Creta menjadi back bone bagi PT Hyundai Motors Indonesia. Disusul IONIQ 5 dan Santa Fe. 

Kapasitas produksi CRETA sendiri saat ini berada di kisaran periode 1-2 bulan tergantung varian. Apalagi Hyundai telah memiliki pabrik di Tangerang. 

"Creta total booking sudah lebih dari 10 ribu. Jadi memang di luar ekspektasi kami. Ternyata penerimaan masyarakat Indonesia sangat positif," terang Head of Regional Sales Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Budi Darmawan Jantania saat pameran di Atrium Tunjungan Plaza Surabaya, Kamis (2/6/2022). 

Demikian pula dengan capaian penjualan di Jatim. Budi mengatakan, telah menyentuh angka sekitar 1.100 unit sejak peluncuran. Warna favorit konsumen antara lain putih, merah, hitam dan titanic grey. 

"Hampir rata sih," ujarnya. 

Kendati pabrikan lokal, Creta telah menjadi SUV kebanggaan Hyundai yang diluncurkan pada menjelang akhir tahun 2021 lalu dan menjadi produk pertama yang Hyundai produksi di Indonesia, untuk masyarakat Indonesia.

Hyundai-Creta-c.jpg

Hingga kini, SUV stylish dengan fitur berlimpah ini telah mencatatkan berbagai pencapaian luar biasa. 

Di sisi lain, HMID yang telah menghadirkan IONIQ 5 sebagai produk yang merevolusi wajah industri otomotif Indonesia dengan menjadi kendaraan listrik berbasis baterai pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia.

Setelah diluncurkan pada akhir bulan Maret lalu, IONIQ 5 memperoleh reaksi yang melampaui dugaan di mana dalam kurun waktu 2 (dua) bulan saja setelah peluncuran, IONIQ 5 telah dipesan sebanyak hampir 2.000 unit.

Selain itu, IONIQ 5 juga bahkan memperoleh kemenangan besar di ajang penghargaan bergengsi World Car Awards 2022 yang diadakan di New York Intemational Auto Show (NYIAS) pada bulan April lalu, di mana melalui kategori all-electric crossover, IONIQ 5 memperoleh pengakuan sebagai World Car of the Year, World Electric Vehicle of the Year dan World Car Design of the Year. 

“Dalam kurun waktu dua tahun kehadiran Hyundai Motors Indonesia di tanah air, kami telah mendapatkan capaian dan antusiasme masyarakat yang luar biasa. Kami sangat mengapresiasi penerimaan masyarakat Indonesia terhadap produk dan layanan inovatif yang kami sediakan," ujarnya. 

Karena alasan tersebut, HMID menghadirkan kedua produk ini di pameran Hyundai Exhibition di Tunjungan Plaza 3 selama 5 hari yakni dari tanggal 1 Juni hingga 5 Juni 2022. 

"Kami yakin sambutan positif ini juga akan kami raih di Surabaya," ungkap Budi. 

Ia juga menjelaskan, bahwa Hyundai Creta tersedia dalam berbagai wama eksterior, antara lain Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Peari, Dragon Red Pearl, Magnetic Silver Metallic with Black Roof, Dragon Red Pearl with Black Roof, dan Creamy White Pearl with Black Roof.

Sedangkan untuk pilihan warna interior tersedia dengan pilihan Full Black, Black/Cognac Brown Two-tone. Dikatakannya pula, Hyundai Creta ini dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan karena ditawarkan dalam empat varian yaitu Active, Trend, Style, dan Prime, dengan pilihan harga sebagai berikut: 

- Hyundai CRETA Active 6-speed MT: Rp 287.500.000,(OTR Surabaya). 

- Hyundai CRETA Trend 6-speed MT: Rp 307.500.000,(OTR Surabaya). 

- Hyundai CRETA Trend IVT: Rp 328.000.000,(OTR Surabaya). 

- Hyundai CRETA Style IVT: Rp 368.000.000,(OTR Surabaya). 

- Hyundai CRETA Prime IVT: Rp 407.000.000,(OTR Surabaya). 

- Hyundai CRETA Prime IVT Two Tone Roof: Rp408.500.000,(OTR Surabaya).

Sedangkan untuk IONIQ 5, lanjutnya, terdiri dari lima pilihan warna eksterior, yaitu Optic White, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte. Dan untuk warna interior tersedia dalam Black 1-tone. IONIQ 5 sendiri terdiri dari berbagai varian dengan harga. 

IONIQ 5 Prime Standard Range Rp727.000.000, IONIQ 5 Prime Long Range Rp768.500.000, IONIQ 5 Signature Standard Range Rp788.500.000, dan IONIQ 5 Signature Long Range Rp839.000.000.

"Semua harga tertera untuk IONIQ 5 ini adalah harga OTR Surabaya," pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES