Wisata

Berwisata Sambil Belajar Berkuda di Bromo

Kamis, 02 Juni 2022 - 15:58 | 115.19k
Wisatawan menaiki kuda sambil menikmati pemandangan indah gunung Bromo. (FOTO: Khodijah Siti/TIMES Indonesia)
Wisatawan menaiki kuda sambil menikmati pemandangan indah gunung Bromo. (FOTO: Khodijah Siti/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kawah Bromo selalu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara dan domestik. Tempat ini menjadi salah satu jujugan yang wajib dikunjungi oleh mereka yang kebetulan melewati area Jawa Timur. Namun tak hanya keindahan kawah, anda juga dapat belajar mengendalikan kuda di area sekitar kawah.

Kuda-kuda tersebut disewakan warga sekitar untuk membantu mereka yang kesusahan berjalan mendaki menuju kawah. Umumnya kuda ini disewakan sebesar IDR 200 K untuk pulang pergi. Namun anda dapat menyewanya untuk berangkat atau pulangnya saja dengan biaya yang lebih murah.

gunung-Bromo-2.jpgBukit Widodaren, salah satu dpot favorit pengunjung untuk berfoto ria di Bromo. (FOTO: Khodijah Siti/TIMES Indonesia)

Namun bagi mereka yang mengambil paket pulang pergi, si pemilik kuda akan menawarkan jasa gratis pengambilan video dan foto saat anda berkuda. Mereka juga akan menawarkan anda untuk mencoba mengendarai kuda-kuda tersebut dan mengendalikannya sendiri.

Tentunya semua sudah sepaket dengan biaya kuda yang disepakati alias gratis. Tips dan trik saat berkuda pun patut anda dengarkan sebelum memacu hewan jinak yang anda tunggangi ini. Pastikan pula anda memiliki cukup keberanian menaiki kuda anda sendiri.

Kuda-kuda di kawah Bromo memang berukuran cukup kecil. Bukan karena kurang makan, namun karena jenisnya kuda nya yang kecil. Bagi anda yang memiliki postur besar anda juga bisa memilih kuda dengan postur yang sesuai dengan ukuran badan anda. 

Bahkan, saat wisatawan sepi dan tak banyak pemesanan kuda untuk naik ke atas, si pemilik  kuda kadang berbaik hati meminjamkan kudanya lebih lama. Anda bisa memacu kuda tersebut melalui lautan pasir atau candi yang berada di wilayah sekitar kawah Bromo.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES