Tekno

Manfaat dan Kelebihan Absensi Online Bagi Perusahaan

Selasa, 31 Mei 2022 - 07:17 | 80.58k
Manfaat dan Kelebihan Absensi Online Bagi Perusahaan
Absensi Online. (Foto: talenta)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Absensi online kini merupakan data yang penting yang mempunyai banyak manfaat bagi sebuah perusahaan, baik karyawan atau Anda yang memiliki perusahaan. Absensi adalah sesuatu yang tidak boleh terlupakan begitu saja.

Bagi seorang karyawan, absensi adalah tanda kehadiran bahwa mereka telah datang bekerja sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan oleh perusahaan. 

Sementara itu bagi pemilik perusahaan, absensi digunakan sebagai alat analisis untuk melihat kinerja dari setiap karyawan. Bayangkan, jika tidak ada absensi tentunya produktivitas seorang karyawan akan sulit terlihat.

Di era saat ini sudah banyak perusahaan yang meninggalkan absensi secara manual, seperti dengan kertas atau fingerprint dan beralih menggunakan absensi online yang tentunya akan lebih memudahkan karyawan untuk melakukan absen. Sebetulnya apa saja yang menjadi keuntungan sistem absensi jenis ini? Mari kita simak! 

Keuntungan Absensi Online Dibandingkan Dengan Konvensional 

•    Absensi Online

Absensi online adalah pencatatan kehadiran yang menggunakan sistem cloud dan sudah terhubung dengan database secara real-time. Sistem cloud memungkinkan penyimpanan data absensi dilakukan secara otomatis. Selain itu, data absensi ini dapat diakses di manapun dan kapanpun selama terhubung dengan koneksi internet.

•    Absensi Konvensional

Absensi konvensional adalah sistem pencatatan kehadiran dengan sistem manual, di mana sistem tidak memakai teknologi internet atau hanya menggunakan teknologi elektronik sederhana untuk pengoperasiannya.

Cara ini dianggap tidak efisien diterapkan pada perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak. Karena waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan dan memasukkan data kehadiran akan sangat banyak. Selain itu, sistem ini juga lebih berisiko terjadinya human error karena data dihitung secara manual. 

Sekilas memahaminya, tentu Anda sudah mengetahui keuntungan absensi online jauh lebih banyak daripada sistem absensi konvensional dan tradisional. Selain memiliki manfaat bagi karyawan jika melakukan absensi online, absensi online juga memberikan manfaat yang luar biasa di perusahaan. Apa saja itu? Simak selengkapnya.

Manfaat Absensi Online Bagi Perusahaan

1.    Waktu Absensi Tercatat Lebih Akurat

Sistem absensi dilakukan secara online, maka waktu yang digunakan juga otomatis sinkron dan sesuai dengan waktu sebenarnya yang berlaku di semua perangkat. 

Hal tersebut membuat perhitungan jam kerja menjadi lebih akurat dan tidak bisa diprotes oleh karyawan. Apalagi bagi perusahaan yang memberlakukan kebijakan gaji berdasar keterlambatan, maka sistem absensi online akan sangat membantu.

2.    Hemat Biaya dalam Pengadaan Perangkat

Absensi online tidak membutuhkan perangkat fisik mesin absensi ataupun pemasangan sistem. Dengan demikian, cara ini akan menghemat pengeluaran dari perusahaan itu sendiri.

Kehadiran absensi online akan memberikan fleksibilitas sehingga Anda hanya perlu mendaftar, mengunduh aplikasi, serta memakai smartphone atau laptop untuk mengakses sistem absensi.

3.    Minim Kecurangan

Salah satu keuntungan absensi online umumnya didukung dengan teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik yang meminimalkan kecurangan. Teknologi ini akan memverifikasi kehadiran karyawan di  suatu tempat.

Selain itu, posisi pengguna aplikasi juga akan memberi informasi keberadaannya yang dengan mudah terlacak oleh GPS.

Oleh karena itu, karyawan tidak bisa memanipulasi data karena data digital dienkripsi serta disimpan dengan aman.

4.    Rekapitulasi Data Lebih Mudah

Kemudian salah satu keuntungan absensi online yang lainnya adalah memudahkan pencatatan serta rekapitulasi data karyawan. Begitupun dengan data kehadiran, ketidakhadiran, dan keterlambatan tercatat otomatis tanpa perlu memindahkannya secara manual.

Terlebih, sistem online juga biasanya sudah terintegrasi antar data sehingga perubahan data akan dilakukan secara otomatis dan akurat. Sehingga HRD atau personalia akan lebih efisien dalam bekerja.

Kelebihan Absensi Online

•    Perampingan Tenaga Kerja

Keuntungan menggunakan sistem absensi online adalah perampingan tenaga kerja karena absensi dilakukan secara otomatis. Oleh karena itu, perusahaan tidak memerlukan banyak tenaga kerja hanya untuk mengurus absensi.

•    Akurasi Data yang Tinggi

Sistem absensi online memiliki akurasi data tinggi dalam hal merekap. Selain itu, tingkat kesalahan juga akan cenderung lebih minim karena sistem absensi online menggunakan aplikasi dan program khusus. Penggunaan sistem absensi online akan mengurangi kesalahan yang sering terjadi karena faktor manusia.

•    Terintegrasi dengan Sistem Lain

Absensi online akan terintegrasi dengan sistem lain. Penggunaan data terekam secara online sehingga data yang dicatat akan lebih mudah dimanfaatkan untuk keperluan lain.

9 Aplikasi Absensi Mobile Online Gratis & Fitur Lengkap

Aplikasi absensi mobile adalah solusi kreatif dan efektif di tengah pandemi seperti sekarang yang mengharuskan karyawan untuk bekerja WFH alias Work From Home. 

Metode absensi ini juga bisa digunakan untuk menggantikan cara absen manual dan fingerprint, terutama jika memiliki karyawan yang mengharuskan mereka bekerja di luar kantor. Tentu jika harus absen di kantor sangat tidak efektif. 

Karyawan bisa absen lebih mudah hanya dengan menggunakan ponsel dan jaringan internet tanpa harus datang ke kantor. Tidak hanya bermanfaat untuk karyawan saja, tapi juga bagi perusahaan. 

Aplikasi absensi mobile bermanfaat untuk meminimalisir Kecurangan, membuat karyawan lebih produktif, lebih efisien dari segi biaya dan memudahkan analisa data kehadiran. Tertarik untuk menggunakan aplikasi absen mobile? Yuk, cek rekomendasinya berikut ini!

Daftar Aplikasi Absensi Mobile Terbaik

Jika saat ini hampir sebagian besar karyawan di kantor Anda sedang WFH, menggunakan aplikasi absen berbasis mobile ini bisa jadi pilihan tepat. Apalagi beberapa aplikasi sudah disertai dengan GPS untuk memastikan lokasi real time karyawan saat absen.

Nah, berikut telah kami rangkum beberapa aplikasi absensi mobile terbaik dari developer ternama untuk Android maupun iOS yang bisa Anda pilih:

1.    Aplikasi Absensi dari Talenta
Nikmati aplikasi absensi mobile gratis (uji coba) dari Talenta. Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, dengan aplikasi dari Talenta Anda bisa menikmati beberapa fitur berikut ini:

•    Absensi Berbasis Mobile
Aplikasi absensi yang telah terintegrasi dengan GPS dan disertai fitur selfie. Aplikasi ini berguna untuk memantau keterlambatan, jam istirahat dan ketidakhadiran selama penerapan jam kerja parsial.

•    Kelola Shift Kerja 
Ganti proses panjang dan manual manajemen shift karyawan dengan fitur langsung dari Talenta. Pengelolaan jam kerja lebih cepat dan praktis bahkan untuk perusahaan multi-cabang.

•    Mengelola Cuti Langsung dari Aplikasi Absensi
Akses layanan HR untuk mengecek kehadiran, permohonan koreksi absensi, cuti, hingga ganti jadwal kerja. Tidak perlu kertas dan tanda tangan, proses administrasi bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun.

•    Terintegrasi dengan Payroll
Terintegrasi dengan sistem payroll online sehingga HR tidak perlu ekspor data dari fingerprint dan menghitung manual. 
Rekap laporan absensi dan hitung gaji karyawan sesuai kehadiran secara otomatis melalui satu aplikasi. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi link situs Aplikasi Absensi Mobile Talenta.

2.    Aplikasi Absensi dari Gamatechno

Gamatechno adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT yang saat ini berkantor pusat di Yogyakarta. Saat ini Gamatechno juga menyediakan aplikasi absensi mobile untuk perusahaan. 

Aplikasi yang dikembangkan bertujuan untuk memberikan kemudahan pengelolaan data karyawan, rekapitulasi kehadiran, pengelolaan waktu kerja, pengelolaan gaji, pengelolaan cuti, ijin karyawan hingga perhitungan PPh.

Adapun berikut ini beberapa fitur di aplikasi absensi dari Gamatechno:
•    Profil Karyawan: Kemudahan dalam pengelolaan informasi kelengkapan data karyawan
•    Presensi Online: Karyawan dapat melakukan absensi (Clock in & Clock Out) secara real-time melalui smartphone di mana pun dan kapan pun
•    Report: Melihat laporan kehadiran setiap karyawan 
•    Slip Gaji: Memudahkan dalam memberikan slip gaji secara elektronik untuk karyawan setiap bulan 
•    Memantau Lokasi Absensi: Memantau lokasi absensi karyawan dengan teknologi GPS (Global Positioning System)

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan aplikasi absensi dari Gamatechno bisa mengunjungi situs resminya secara langsung.

3.    Aplikasi Absensi BOSS Pintar

Ada juga aplikasi absensi berbasis mobile dari BOSS Pintar yang dibedakan menjadi dua jenis, yakni BOOS Pintar Company dan BOSS Pintar Employee. Berikut penjelasan dari masing-masing aplikasi:

•    BOSS Pintar Company

Sebagai aplikasi mesin absensi yang dapat memvalidasi kehadiran karyawan berdasarkan lokasi yang sudah terintegrasi dengan GPS. Dengan apk absensi ini maka karyawan hanya bisa absen di lokasi yang sudah ditentukan oleh perusahaan berdasarkan Google Maps.

•    BOSS Pintar Employee 

Apk absen mobile untuk melacak posisi karyawan apakah sudah berada di area atau lokasi cabang yang sudah ditentukan. Absensi hanya bisa dilakukan jika karyawan berada di lokasi yang telah ditentukan tersebut. 

Karyawan juga dapat melakukan Break-in/Break-out maupun Overtime-in/Overtime-out. Histori akan disimpan sehingga karyawan dapat mengetahui absensi mereka.

Berikut beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi absensi BOSS Pintar:

•    Melihat data absensi & pantau keberadaan karyawan secara real-time
•    Berbagi file dengan karyawan
•    Mencatat Inventaris Perusahaan
•    Mengontrol kas karyawan
•    Mengajukan claim & absensi karyawan
•    Validasi absensi berdasarkan lokasi
•    Pantau keberadaan karyawan
•    Validasi dengan selfie
•    Memantau jadwal kerja karyawan
•    Hitung jam lembur

Kabar baiknya, aplikasi BOSS Pintar sudah tersedia di  Google Play Store untuk pengguna Android dan Apps Store untuk pengguna Apple. Untuk informasi lebih lanjut juga bisa kunjungi situs Aplikasi Absensi Mobile BOSS Pintar. 

4.    Aplikasi Absensi Time Clock by Homebase

Time Clock juga merupakan aplikasi absen online yang bisa Anda gunakan secara gratis. Namun untuk fitur gratisnya masih terbatas, berikut diantaranya:

•    Waktu dan kehadiran
•    Jam waktu
•    Posting pekerjaan dan pelacakan pelamar
•    Aplikasi seluler karyawan
•    Lebih dari 10 karyawan
•    Penjadwalan lebih dari 10 hari 

5.    Aplikasi Absensi WiFi Attendance 

Dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya, WiFi Attendance mungkin menjadi aplikasi absen online yang paling ringan dan sederhana. Karena apk absen ini belum didukung dengan fitur GPS dan selfie untuk perekaman kehadiran karyawan. 

Sesuai dengan namanya, untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus terhubung ke jaringan internet. Berikut kami cantumkan link download aplikasi WiFi Attendance. 

6.    Aplikasi Absensi Clockify

Rekomendasi apk absen gratis lainnya yaitu Clockify yang dapat digunakan untuk melacak dan mengatur waktu kerja karyawan. Nantinya hasil perekaman waktu kerja akan direkap dalam timesheet dan dibuatkan laporan.

7.    Aplikasi Absensi Online CKZ Time Clock

CKZ Time Clock juga menyediakan layanan absensi online untuk melacak waktu secara real-time saat karyawan absen. 

Fitur-fiturnya mungkin tidak sebanyak dari Gamatecho atau Talenta, tapi cukup bisa diandalkan untuk Anda yang mencari apk absen gratis. Informasi lebih lengkap dan link download bisa cek di situs CKZ Time Clock.

Nah, dari beberapa rekomendasi di atas, mana yang paling Anda ingin gunakan? 

Saran dari kami, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi absensi mobile online premium dengan fitur-fitur paling lengkap serta terintegrasi dengan website untuk memudahkan monitoring seperti aplikasi Talenta by Mekari!

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Menang 3-0, Ponpes Darul Huda Juara Liga Santri Piala KASAD 2022 Wilayah Kodim Ponorogo
    Menang 3-0, Ponpes Darul Huda Juara Liga Santri Piala KASAD 2022 Wilayah Kodim Ponorogo
    30/06/2022 - 20:30
  • Upgrading Skill, Penyandang Difabel Jombang Dibekali Ilmu Membatik
    Upgrading Skill, Penyandang Difabel Jombang Dibekali Ilmu Membatik
    30/06/2022 - 20:25
  • Kreatif! Ini Inovasi Pemkab Banyuwangi untuk Permudah Pelayanan Adminduk
    Kreatif! Ini Inovasi Pemkab Banyuwangi untuk Permudah Pelayanan Adminduk
    30/06/2022 - 20:17
  • Universitas Brawijaya Deklarasi Anti Radikalisme
    Universitas Brawijaya Deklarasi Anti Radikalisme
    30/06/2022 - 20:08
  • Wabah PMK Turunkan Perjualan Daging di Pasar Tradisional di Kabupaten Probolinggo 
    Wabah PMK Turunkan Perjualan Daging di Pasar Tradisional di Kabupaten Probolinggo 
    30/06/2022 - 20:02

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Gus Dur Bukan Pahlawan Siapa-siapa
    Gus Dur Bukan Pahlawan Siapa-siapa
    30/06/2022 - 19:17
  • DR. KH. Mustain Romly, Ulama Besar di Masanya
    DR. KH. Mustain Romly, Ulama Besar di Masanya
    30/06/2022 - 04:25
  • Menyoal Praktik Dromologi pada Masyarakat Digital
    Menyoal Praktik Dromologi pada Masyarakat Digital
    29/06/2022 - 00:09
  • Kita yang Non-Tionghoa dan Konghucu di Bangka Belitung Semestinya Mendukung!
    Kita yang Non-Tionghoa dan Konghucu di Bangka Belitung Semestinya Mendukung!
    28/06/2022 - 17:00
  • Menelisik Peluang Keberhasilan Jokowi Mendamaikan Rusia dan Ukraina
    Menelisik Peluang Keberhasilan Jokowi Mendamaikan Rusia dan Ukraina
    28/06/2022 - 13:41
  • Mendorong Pemantau Pemilu di Daerah
    Mendorong Pemantau Pemilu di Daerah
    28/06/2022 - 01:06
  • Nguri-Nguri Tradisi Sebagai Sarana Batiniah Silaturrahim Kepada Nenek Moyang
    Nguri-Nguri Tradisi Sebagai Sarana Batiniah Silaturrahim Kepada Nenek Moyang
    27/06/2022 - 21:49
  • Sudah Usangkah MSP?
    Sudah Usangkah MSP?
    27/06/2022 - 17:43

KULINER

  • Resep Aneka Sambal Rumahan
    Resep Aneka Sambal Rumahan
    30/06/2022 - 15:24
  • Bikin Japchae, Bihun Sayuran Ala Korea yang Nikmat
    Bikin Japchae, Bihun Sayuran Ala Korea yang Nikmat
    30/06/2022 - 12:14
  • Sate Bulayak Nusa Tenggara Barat, Lebih Sip Dengan Sajian Lontong Lokal
    Sate Bulayak Nusa Tenggara Barat, Lebih Sip Dengan Sajian Lontong Lokal
    30/06/2022 - 06:11
  • De'yons Coffee and Eatery Hadirkan Beragam Kopi Nikmat di Pusat Kota Garut
    De'yons Coffee and Eatery Hadirkan Beragam Kopi Nikmat di Pusat Kota Garut
    29/06/2022 - 16:04
  • Resep Cobek Bakar, Aromanya Bikin Keluarga Ngumpul
    Resep Cobek Bakar, Aromanya Bikin Keluarga Ngumpul
    25/06/2022 - 12:02