News Commerce

Bagaimana Sistem Informasi Cuti Pegawai Berbasis Web dan Mobile untuk Karyawan Bekerja?

Senin, 30 Mei 2022 - 09:40 | 41.22k
Bagaimana Sistem Informasi Cuti Pegawai Berbasis Web dan Mobile untuk Karyawan Bekerja?
Ilustrasi. (Foto: inews)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile untuk karyawan bukanlah hal baru dalam dunia bisnis. Di era digital dan serba teknologi seperti saat ini, banyak sekali hal-hal yang beralih ke sistem digital. Tidak terkecuali dengan aplikasi cuti.

Era digital merupakan era yang memberikan banyak kemudahan dalam berbagai hal. Adanya sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile juga merupakan salah satu digitalisasi dalam sisi Human Resource atau HR yang ada di perusahaan terhadap karyawan.

Manfaat Sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile Bagi Karyawan & Perusahaan

Cuti karyawan merupakan hal yang sudah diatur dalam peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Jika perusahaan menolak memberikan hak cuti karyawan, maka perusahaan akan dikenakan sanksi. Maka dari itu, proses aplikasi cuti harus bisa dilakukan dengan mudah.

Hal ini agar perusahaan tetap bisa memberikan hak karyawan dan karyawan bisa menerima hak dengan baik. Menggunakan sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile adalah pilihan yang tepat untuk perusahaan.

Alasannya adalah sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile memberikan beberapa kemudahan seperti:

•    Ajukan Cuti Bisa Kapan Saja

Ini akan menguntungkan karyawan yang pekerjaannya selalu mobile atau berpindah lokasi dari satu tempat ke tempat lain. Jika harus menemui HRD maka pekerjaan akan terbengkalai.
Sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile memberikan manfaat untuk karyawan yang tidak sempat mengikuti birokrasi perusahaan karena jam terbang yang tinggi.

•    Upload Surat Keterangan dengan Mudah 

Proses ini bisa mempersingkat birokrasi perusahaan dan memberikan kemudahan untuk karyawan mengajukan cuti. Tanpa harus mengisi formulir dan resiko formulir rusak ataupun hilang.

•    Memeriksa Permohonan Cuti dengan Mudah 

Perusahaan bisa menerima banyak permohonan cuti dalam sehari. Adanya sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile bisa mempersingkat waktu untuk memeriksa satu per satu dan menyeleksi permohonan cuti.
Sistem Kerja Sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile Karyawan

Perusahaan yang memberikan fasilitas sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile akan memiliki beberapa manfaat fitur-fitur di dalamnya. Karyawan bisa mengakses akun pribadi miliknya yang mana bisa mencatat dan mengajukan cuti sesuai dengan jadwal kerja yang telah diatur untuknya.

Dengan adanya akses sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile secara langsung, maka karyawan akan lebih leluasa mengajukan cuti secara online.

Mempersingkat birokrasi perusahaan juga merupakan salah satu manfaat sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile untuk karyawan. Terutama untuk karyawan yang mobilitasnya tinggi dan tidak bisa berurusan dengan birokrasi terlalu lama.

Selain memudahkan karyawan, sistem sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile yang bisa diakses secara pribadi juga bisa memudahkan perusahaan untuk memeriksa pengajuan cuti satu per satu.

Pengajuan cuti yang banyak terkadang membuat perusahaan kewalahan untuk memeriksa. Tetapi sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile bisa mempermudah proses tersebut sehingga pemeriksaan pengajuan cuti bisa dilakukan tanpa harus berkutat dengan dokumen yang menumpuk.

Sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile juga bisa diakses melalui website maupun mobile. Adanya 1 platform yang digunakan untuk mengakses sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile dan mengontrol setiap aktifitas bisa menjadi aplikasi HRD HRIS yang cocok untuk bisnis.

Tidak harus lagi menulis dokumen pengajuan cuti yang bisa beresiko hilang atau rusak, tetapi akses sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile bisa dilakukan lewat website ataupun mobile. Lewat smartphone atau website, pengajuan cuti bisa dilakukan hanya dengan sekali klik saja.

Jika menggunakan sistem informasi cuti pegawai berbasis web yang sudah terintegrasi dengan absensi online, maka pengajuan cuti yang dilakukan bisa secara otomatis. Data akan tercatat di dalam absensi yang telah disesuaikan dengan jadwal kerja karyawan.

Sekaligus untuk pencatatan kehadiran dalam perusahaan juga. Ada banyak contoh sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile yang bisa digunakan di Indonesia. Beberapa aplikasi ini telah memiliki fitur yang lengkap untuk pengajuan cuti karyawan akan membantu perusahaan mengatur jadwal cuti karyawan.

Jadwal cuti bisa diajukan menyesuaikan dengan absensi karyawan karena biasanya aplikasi tersebut sudah terintegrasi satu sama lain yaitu antara cuti dan absensi.

4 Rekomendasi Sistem informasi cuti pegawai berbasis web dan mobile 

Perusahaan atau pelaku bisnis akan lebih produktif dan fokus mengejar omset atau aktivitas pemasarannya, bila sistem manajemen karyawan atau sumber daya manusia (SDM) berjalan dengan baik. Karena itu, sistem manajemen SDM dalam sebuah usaha sangat penting.

Karena itu, aplikasi yang memudahkan komunikasi 2 arah antar manajemen dan karyawan merupakan hal  terpenting. Bila sistem ini dibuat mudah oleh aplikasi, maka karyawan Anda bisa fokus dengan tugas-tugas intinya, dibandingkan harus ikut sibuk mengurus atau ikut andil dalam urusan administrasi.

Salah satu yang menyulitkan karyawan dan manajemen SDM adalah perihal izin dan cuti. Padahal, kini banyak aplikasi atau absensi online yang memudahkan proses pengajuan izin dan cuti dengan mudah serta akurat. Ada 4 rekomendasi aplikasi pengajuan izin dan cuti karyawan terbaik, berikut ulasan lengkapnya:

1.    Talenta by Mekari

Aplikasi HRIS Talenta mengawali debutnya ketika banyak perusahaan dihadapkan dengan anjuran WFH dari pemerintah. Aplikasi ini diklaim sebagai pilihan terbaik untuk menjaga produktivitas karyawan meski dari rumah saja.

Seperti yang diketahui, tantangan work from home adalah sulitnya memantau karyawan yang benar-benar hadir. Pada akhirnya, software HRIS berbasis cloud menjadi jawaban dengan salah satu fiturnya, yakni absensi online.

Bukan hanya itu, tetapi ada banyak lagi pekerjaan HR yang sangat terbantu dengan adanya aplikasi HRIS Talenta. Apa saja yang bisa dibantu oleh aplikasi ini?

Fitur Utama Aplikasi HRIS Talenta

Berkat cloud system, aplikasi Talenta dapat dengan mudah diakses dari mana saja. Selain itu, Talenta juga menawarkan beberapa fitur utama yang ada di aplikasi. Diantaranya adalah: 

•    Mobile Self Service

Salah satu kelebihan HRIS Talenta adalah ketersediaan aplikasi mobile untuk karyawan. Hal ini memungkinkan layanan HR bisa dengan mudah didapatkan dari manapun.

Karyawan dapat mengajukan izin cuti, reimbursement dan lain-lain secara mandiri. Otomatisasi ini jelas sangat membantu perusahaan memonitor karyawan mereka. Bahkan setelah work from home, cara ini akan tetap sangat efektif untuk perusahaan dengan para pekerja remote-nya.

•    Sistem Administrasi Penggajian

Proses pengurusan sistem gaji atau payroll untuk para karyawan akan lebih praktis dengan aplikasi HRIS. Tim HR tidak perlu repot lagi menarik data dari mesin absensi karena seluruh data kehadiran karyawan sudah terintegrasi.

Talenta juga menawarkan fitur payroll yang berbeda dengan lainnya. Nikmati semua keuntungan untuk perusahaan dan karyawan dalam pengurusan payroll. Salah satunya tidak ada biaya admin untuk mengirim gaji ke semua karyawan.

Fitur payroll di aplikasi Talenta menjanjikan kelancaran transaksi dalam segala situasi. Anda bisa mengurus proses payroll dari manapun secara online.

•    Pencatatan Data Kehadiran

Live attendance memberikan pengalaman absen di kantor yang berbeda. Karyawan bisa melakukannya secara mandiri dari ponsel mereka dengan fitur GPS. Ada pula fitur pengenalan wajah untuk memvalidasi absensi.

Ini sangat penting karena data kehadiran seringkali menjadi dasar penilaian untuk menentukan suatu kebijakan. Salah satunya terkait dengan poin kedua tadi, yakni pengurusan payroll karyawan.

Anda bisa menjadikannya sebagai alternatif absen fingerprint atau dengan mesin kartu. Pencatatan dan pengolahannya benar-benar otomatis.

2.    Gadjian

Aplikasi Gadjian merupakan aplikasi HR yang memberikan kemudahan dalam mengajukan cuti karyawan melalui ponsel. Pengguna dapat mengetahui sisa cuti maupun cuti yang telah diambil sebelumnya di aplikasi.

Selain itu, pengguna dapat melakukan pengajuan cuti melalui website. Tentunya hal ini sangat memudahkan karyawan untuk mengajukan cuti dari mana saja baik melalui ponsel maupun PC.

Karyawan juga dapat mengajukan izin sakit dengan melampirkan file beserta keterangan. Karyawan dapat memberikan keterangan atau deskripsi terkait keperluan izin atau sakit yang sedang ia alami.

3.    LinovHR

LinovHR memiliki fitur khusus untuk mengatur cuti karyawan. Fitur ini berfungsi untuk membantu manajemen dalam menentukan jadwal libur. Manajemen perusahaan dapat mengetahui periode cuti karyawan dalam waktu tertentu. Bukan hanya itu saja, manajemen perusahaan dapat mengetahui kuota cuti setiap karyawan. Sehingga fitur ini dapat digunakan untuk menentukan karyawan siapa saja yang berhak menerima cuti.

Selain itu melalui LinovHR, karyawan dapat dengan mudah mengajukan cuti dan dapat melihat berapa sisa cuti yang dapat digunakan di kemudian hari. Tak akan ada salah komunikasi lagi ketika menggunakan aplikasi ini. Semua hal terkait cuti dapat diakses oleh karyawan sekaligus manajemennya.

4.    Fingerspot.iO

Fingerspot.iO merupakan aplikasi dari Fingerspot yang memudahkan manajemen perusahaan untuk mengelola berbagai kebutuhan perusahaan dan karyawan. Salah satu yang akan membantu Anda adalah fitur pengajuan izin.

Fitur ini mempermudah manajemen dan karyawan dalam pengajuan izin. Karyawan dapat mengajukan izin melalui ponsel di App FiO. Aplikasi FiO ini memiliki berbagai pilihan pengajuan izin beserta foto depan dan foto lampiran file. Lampiran foto ini digunakan sebagai bukti pengajuan yang memudahkan karyawan dan menjaga akurasi izin.

Izin yang diajukan oleh karyawan akan secara otomatis dapat disetujui dan ditolak oleh manajemen atau HRD melalui ponsel. HRD atau pihak berwenang bisa langsung memberikan respon atas pengajuan izin karyawan. Hal ini semakin mempercepat proses pengajuan izin karyawan, apalagi jika izin tersebut diajukan secara mendadak.

Selain itu, apabila karyawan tersebut tidak dapat mengajukan izin, maka atasan dapat membantu proses perizinan karyawan agar data izin tetap tercatat. Tak hanya pengajuan izin, Fingerspot.iO juga menghadirkan fitur pengajuan cuti yang dapat pula diajukan dengan mudah oleh karyawan melalui ponsel. Menariknya, tersedia berbagai jenis pilihan cuti yang dapat diisi oleh karyawan.

Seluruh izin dan cuti yang diajukan oleh karyawan dapat diakses oleh manajemen perusahaan dalam bentuk laporan. Sehingga kedisiplinan karyawan terjaga, dan hak izin atau cuti karyawan juga terpenuhi.

5.    GreatDay HR

GreatDay HR menghadirkan fitur perizinan yang dapat dengan mudah diajukan oleh karyawan melalui ponsel dengan berbagai tipe izin. Terdapat tanggal mulai hingga waktu maupun keterangan mengenai izin yang akan diajukan oleh karyawan. Semua dengan detail bisa tercatat dan terlaporkan.

Izin yang diajukan oleh karyawan akan secara otomatis terkirim ke atasan untuk disetujui sehingga izin karyawan dapat tercatat.  Pengajuan izin secara online dan dua arah ini akan sangat membantu meningkatkan kedisiplinan.

Anda bisa menyesuaikan kebutuhan, dan mencoba menerapkan salah satu 4 rekomendasi aplikasi pengajuan izin dan cuti terbaik ini. Anda dapat melihat review dan detail aplikasinya lebih lengkap di masing-masing website dan Google Play Store. Buat urusan manajemen SDM/HRD perusahaan Anda lebih mudah dan komunikatif, tanpa mengurangi keakuratannya. 

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Tiga Rekomendasi Hotel Terbaik di Sekitar Sirkuit MXGP Samota, Mana Favoritmu?
    Tiga Rekomendasi Hotel Terbaik di Sekitar Sirkuit MXGP Samota, Mana Favoritmu?
    28/06/2022 - 15:35
  • Jadi Momen Kebangkitan Ekonomi, Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo Bakal Digelar Spektakuler
    Jadi Momen Kebangkitan Ekonomi, Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo Bakal Digelar Spektakuler
    28/06/2022 - 15:31
  • Ruang Terbuka di UIN Maliki Malang Bikin Belajar Jadi Rutinitas yang Asyik-Asyik Saja
    Ruang Terbuka di UIN Maliki Malang Bikin Belajar Jadi Rutinitas yang Asyik-Asyik Saja
    28/06/2022 - 15:26
  • Koordinasikan Tahapan Pemilu, KPU Kabupaten Kediri Safari Silaturahmi ke Parpol 
    Koordinasikan Tahapan Pemilu, KPU Kabupaten Kediri Safari Silaturahmi ke Parpol 
    28/06/2022 - 15:21
  • Buntut Promo Miras, Pemkot Surabaya Cabut Izin Holywings
    Buntut Promo Miras, Pemkot Surabaya Cabut Izin Holywings
    28/06/2022 - 15:14

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Menelisik Peluang Keberhasilan Jokowi Mendamaikan Rusia dan Ukraina
    Menelisik Peluang Keberhasilan Jokowi Mendamaikan Rusia dan Ukraina
    28/06/2022 - 13:41
  • Mendorong Pemantau Pemilu di Daerah
    Mendorong Pemantau Pemilu di Daerah
    28/06/2022 - 01:06
  • Nguri-Nguri Tradisi Sebagai Sarana Batiniah Silaturrahim Kepada Nenek Moyang
    Nguri-Nguri Tradisi Sebagai Sarana Batiniah Silaturrahim Kepada Nenek Moyang
    27/06/2022 - 21:49
  • Sudah Usangkah MSP?
    Sudah Usangkah MSP?
    27/06/2022 - 17:43
  • n-JAWA-ni: Kolaborasi Holobis Kuntul Baris
    n-JAWA-ni: Kolaborasi Holobis Kuntul Baris
    26/06/2022 - 11:36
  • Ziarah (Imajiner) Makam Bung Karno: 'Gerakan Hidup Baru'
    Ziarah (Imajiner) Makam Bung Karno: 'Gerakan Hidup Baru'
    25/06/2022 - 13:24
  • Penghapusan Tenaga Honorer, Menyelesaikan atau Membuat Masalah?
    Penghapusan Tenaga Honorer, Menyelesaikan atau Membuat Masalah?
    25/06/2022 - 11:18
  • Sketsa TWKM ke-32 Mahasiswa Pecinta Alam se-Indonesia
    Sketsa TWKM ke-32 Mahasiswa Pecinta Alam se-Indonesia
    25/06/2022 - 00:51

KULINER

  • Resep Cobek Bakar, Aromanya Bikin Keluarga Ngumpul
    Resep Cobek Bakar, Aromanya Bikin Keluarga Ngumpul
    25/06/2022 - 12:02
  • Bosan dengan Olahan Sapi Biasa? Yuk Intip Resep Satu Ini!
    Bosan dengan Olahan Sapi Biasa? Yuk Intip Resep Satu Ini!
    25/06/2022 - 01:36
  • Watermelon Lemonade Smoothie, Si Semangka Merah Penghilang Dahaga
    Watermelon Lemonade Smoothie, Si Semangka Merah Penghilang Dahaga
    24/06/2022 - 05:31
  • Martabak Black Ajipp, Cemilan Inovatif Bandung yang Tak Kalah Legit
    Martabak Black Ajipp, Cemilan Inovatif Bandung yang Tak Kalah Legit
    24/06/2022 - 00:17
  • JW Marriott Surabaya Buka Gerai Wine & Co
    JW Marriott Surabaya Buka Gerai Wine & Co
    23/06/2022 - 21:32