Peristiwa Daerah

Gresik Halal Center Resmi Dilaunching, Ini Tujuannya?

Minggu, 29 Mei 2022 - 21:17 | 63.21k
Kegiatan launching Gresik Halal Center di Aula PCNU Gresik (Foto: Bagian Prokopim Pemkab Gresik for TIMES Indonesia).
Kegiatan launching Gresik Halal Center di Aula PCNU Gresik (Foto: Bagian Prokopim Pemkab Gresik for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Persiapan pembangunan kawasan industri halal terus dikebut. Salah satu upayanya yakni melaunching program Gresik Halal Center (GHC). Apa saja tugasnya?

Program tersebut juga didukung Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Gresik (MD. KAHMI Gresik). Dalam kesempatan itu, juga menggelar pelatihan juru sembelih halal.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengatakan, program ini merupakan awal dari pengembangan kawasan industri halal, termasuk di sektor makanan dan minuman sesuai program Gubernur Khofifah.

"Gresik sudah bergerak dan menyiapkan berbagai hal untuk mewujudkan program tersebut, salah satunya akan membuat kawasan industri halal sebagai proyek percontohan," katanya ketika ditemui di Kantor PCNU Gresik, Minggu (29/5/2022).

Perempuan yang akrab disapa Bu Min ini pilun mengapresiasi kegiatan GHC dengam menggelar pelatihan Juru Sembelih yang menambah keilmuan tata cara penyembelihan yang baik.

"Pelatihan juru sembelih halal ini diharapkan mampu mendorong tersedianya juru sembelih yang berkompetensi dan profesional," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Gresik Halal Center Abdul Malik menyatakan pengukuhan GHC ini merupakan spirit konstitusional amanah Pemerintah melalui UU 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

"Juru sembelih halal ini dalam rangka menyiapkan juru sembelih yang berkompetensi dan profesional menyambut hari raya kurban untuk menjamin saat penyembelihan," ungkap dia.

Selain itu, Gresik Halal Center juga bekerjasama dengan UMKM untuk menjaga produk makanan dan minuman yang Halal untuk dikonsumsi masyarakat.

"Semoga dengan adanya Gresik Halal Center dan Pelatihan Juru Sembelih ini setidaknya Gresik berpartisipasi dalam menjaga kehalalan yang menjadi sukses pemerintah," tambah dia.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua Halal Center Jatim (HCJ) dr. Agus Susilo, Dewan Pakar Dr. Edi Purwanto, Direktur Gresik Halal Center Abdul Malik beserta pengurus, Anggota DPRD Gresik A.M Syafi'.

Kemudian, hadir dalam launching program Gresik Halal Center yakni Kasi Bimas Islam Kemenag Gresik, Moh. Qoyyim, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Gresik, Zainal Abidin beserta tamu undangan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES