Peristiwa Internasional

Pesawat Twin Otter dengan 22 Penumpang Hilang di Pegunungan Nepal

Minggu, 29 Mei 2022 - 17:29 | 62.77k
Burung-burung bertengger di cabang pepohonan di depan pegunungan dekat Pokhara, Nepal.
Burung-burung bertengger di cabang pepohonan di depan pegunungan dekat Pokhara, Nepal.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah pesawat kecil jenis Twin Otter dengan 19 orang penumpang wisatawan dan 3 awaknya hilang dalam penerbangan di Pegunungan Nepal, Minggu (29/5/2022).

Pesawat yang dioperasikan maskapai Tara Airlines Nepal ini hilang pada pukul 09:55 waktu setempat pada hari Minggu. Pesawat ini terbang dari kota Pokhara, 200 km (124 mil) timur Kathmanduke menuju Jomsom, kota wisata populer di Nepal tengah.

Juru bicara maskapai Tara Airlines mengatakan bahwa Angkatan Darat Nepal telah diminta untuk membantu mencari pesawat yang hilang. Seharusnya penerbangan itu ditempuh dalam waktu 15 menit. Namun pesawat ini kehilangan kontak dengan menara bandara tak lama setelah lepas landas.

Pejabat polisi, Ramesh Thapa mengatakan, tidak ada informasi tentang pesawat Twin Otter dan pencarian sedang dilakukan.

"Penerbangan domestik menuju Jomsom dari Pokhara telah kehilangan kontak," kata juru bicara Tara Air, Sudarshan Bartaula seperti disampaikan kepada kantor berita AFP.

Dia mengatakan ada 19 penumpang di kapal dan tiga anggota awak.

Juru bicara di kementerian dalam negeri, Phanindra Mani Pokharel mengatakan, dua helikopter dikerahkan untuk operasi pencarian tetapi menambahkan bahwa jarak pandang pendek.

"Cuaca buruk kemungkinan akan menghambat operasi pencarian. Visibilitasnya sangat buruk sehingga tidak ada yang bisa dilihat," kata Pokharel.

Menurut seorang pejabat kepolisian setempat, ada enam orang asing berada di dalam pesawat, termasuk empat orang India dan dua orang Jerman.

Hujan turun di daerah itu beberapa hari terakhir ini tetapi penerbangan telah beroperasi secara normal. Pesawat di rute itu terbang di antara pegunungan sebelum mendarat di lembah.

Ini adalah rute yang populer dengan pejalan kaki asing yang melakukan perjalanan di jalur gunung, dan juga dengan peziarah India dan Nepal yang mengunjungi kuil Muktinath yang dihormati.

Jomsom adalah tujuan trekking populer di Himalaya sekitar 15 menit dengan pesawat dari Pokhara.

Pada tahun 2016, sebuah Twin Otter Tara Airlines yang terbang dengan rute yang sama, jatuh setelah lepas landas, menewaskan 23 orang di dalamnya.

Pada 2012, sebuah pesawat Agni Air yang juga terbang dari Pokhara ke Jomsom jatuh, menewaskan 15 orang, enam orang lainnya selamat.

Pada tahun 2014, sebuah pesawat Nepal Airlines yang terbang dari Pokhara ke Jumla juga jatuh, menewaskan semua 18 orang penumpang di dalamnya.

Tahun ini, Tara Airlines mendapat musibah lagi, setelah pesawat Twin Otter dengan 19 orang penumpang wisatawan dan 3 awaknya hilang dalam penerbangan di Pegunungan Nepal, Minggu (29/5/2022). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES