Ekonomi

GEBER UMKM 2022, KPwBI Jember: Fokus pada Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Kapasitas UMKM

Minggu, 29 Mei 2022 - 09:33 | 41.20k
Salah satu rangkaian kegiatan GEBER UMKM 2022 yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember. (Foto: BI Jember for TIMES Indonesia)
Salah satu rangkaian kegiatan GEBER UMKM 2022 yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember. (Foto: BI Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sebagai bentuk dukungan dan partisipasi menyemarakkan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember (BI Jember) turut mengambil peran dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) secara end to-end dari hulu ke hilir. 

Kegiatan yang digelar melalui GEBER UMKM 2022 tersebut diinisasi untuk membangun rasa cinta terhadap produk lokal, selain itu juga untuk mendorong UMKM lokal agar bisa bangkit kembali menguasai pasar domestik bahkan internasional. 

Yukon Afarinaldo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember (KPwBI Jember) mengatakan, kegiatan GEBER UMKM 2022 difokuskan pada penguatan kelembagaan dan pengembangan kapasitas UMKM. 

"Baik dari sisi produksi, keuangan, hingga pemasaran yang diturunkan menjadi beberapa rangkaian kegiatan," ungkap Aldo. 

Ia juga menyampaikan rangkaian kegiatan yang digelar pihaknya untuk menyemarakkan GEBER UMKM 2022.

Mulai dari pendampingan petani kopi dalam mengolah pupuk organik yang berdampak pada produktivitas kopi sebagai komoditas unggulan ekspor bisa meningkat.

"Selain itu, kami bersinergi dengan rumah kurasi dan pemerintah daerah untuk melakukan kurasi produk UMKM se Sekar kijang untuk penilaian terhadap kelayakan standar mutu dan kualitas agar produk berdaya saing dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas," lanjutnya. 

GEBER UMKM 2022 juga mendorong produk UMKM untuk memasuki pasar online melalui program Onboarding 2022.

Hal tersebut dimanfaatkan BI Jember dengan menggandeng Shopee sebagai salah satu marketplace untuk mendapatkan pelatihan, khususnya dalam pemasaran. 

"Tak hanya itu, kami juga menyasar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Lumajang untuk mengadakan pelatihan Service Excellence dan Sosialisasi QRIS," kata KPwBI Jember. 

Kegiatan tersebut, lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Pokdarwis untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan terutama dalam menciptakan inovasi produk dan layanan, yang berorientasi pada bangkitnya roda perekonomian. 

"Melalui rangkaian kegiatan GEBER UMKM 2022 tersebut, merupakan bentuk kontribusi nyata pengembangan UMKM dengan mengangkat potensi unggulan daerah yang nantinya bisa bermanfaat dan memberikan dampak terhadap ekonomi, lingkungan, dan sosial," tutup Aldo, Kepala BI Jember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES