Peristiwa Daerah

Haul Mbah Abdul Manan, Puluhan Ribu Santri dan Warga Pacitan Padati Sarean Gede Semanten

Sabtu, 28 Mei 2022 - 14:11 | 164.66k
Pimpinan Umum PIP Tremas, Pacitan, KH Fuad Chabib Dimyathi dalam peringatan haul ke-11 Mbah Abdul Manan Dipomenggolo di Saeran Gede Semanten. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Pimpinan Umum PIP Tremas, Pacitan, KH Fuad Chabib Dimyathi dalam peringatan haul ke-11 Mbah Abdul Manan Dipomenggolo di Saeran Gede Semanten. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Puluhan ribu santri dan warga Pacitan, Jawa Timur memadati pusara Sarean Gede Semanten dalam rangka memperingati haul ke-11 KH Abdul Manan Dipomenggolo, pada Sabtu (28/5/2022). 

Sebelumnya, selama 7 hari juga digelar berbagai kegiatan untuk memeriahkan haul pendiri Perguruan Islam Pondok Tremas (PIP Tremas Pacitan) oleh Pemdes Semanten, santri dan alumni. 

Pimpinan Umum PIP Tremas, KH Fuad Chabib Dimyathi mengisahkan, Mbah Abdul Manan Dipomenggolo merupakan murid dari KH Hasan Besari Ponorogo yang menjadi tonggak pendidikan pesantren tertua di Pulau Jawa itu. 

"Mbah Abdul Manan murid dari Mbah Hasan Besari yang wafatnya sekitar tahun 1700an silam. Sebelum pergi Al-Azhar Kairo menuntut ilmu. Sangat wajar jika PIP Tremas sudah berdiri setelahnya," kata KH Fuad. 

PIP-Tremas-b.jpgSuasana peringatan haul ke-11 Mbah Abdul Manan Dipomenggolo Pacitan dipadati peziarah, santri dan alumni PIP Tremas se-Indonesia. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia) 

Ia mengingatkan, betapa besar perjuangan Mbah Abdul Manan dalam mengemban amanah menyebarkan syariat Islam. Sehingga perannya tersebut diakui oleh dunia hingga saat ini. 

"Kita sebagai penerus, hanya mampu berharap keberkahan dengan cara memperingati haulnya. Alhamdulillah, rabbi fanfa'naa bibarkatihim, wahdinal husna bihurmatihim, semoga bisa menghantarkan menuju syafaat Nabi Muhammad Saw," terang pria yang disapa akrab Gus Fuad. 

Sementara itu, Kades Semanten, Muhammad Syarifudin Nur Hidayat menghaturkan terima kasih atas antusias semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan haul ke-11 Mbah Abdul Manan.  

PIP-Tremas-c.jpg

"Kami hanya melaksanakan amanat dari keluarga besar PIP Tremas agar melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan dan saat ini adalah puncak peringatan haul. Semoga kedepan lebih meriah lagi," jelasnya dalam sambutan. 

Dalam peringatan haul ke-11 Mbah Abdul Manan di pusara Sarean Gede Semanten, Pacitan tersebut, juga hadir Bupati Pacitan dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua DPRD hingga para ulama dan alumni PIP Tremas se-Indonesia. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES