Peristiwa Daerah

Meski Covid-19 Sudah Mereda, BPBD Bondowoso Tetap Ajak Warga Terapkan Prokes

Sabtu, 28 Mei 2022 - 13:47 | 31.06k
Penyerahan alat Prokes oleh BPBD Bondowoso kepada Pemerintah Desa Pelalangan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Penyerahan alat Prokes oleh BPBD Bondowoso kepada Pemerintah Desa Pelalangan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Kasus Covid-19 kini sudah mulai reda. Namun demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bondowoso (BPBD Bondowoso) tetap meminta masyarakat tetap menerapkan Protokol Kesehatan (prokes).

Bahkan BPBD memberikan bantuan peralatan protokol kesehatan (Protkes) ke Pemerintah Desa Pelalangan, Kecamatan Wonosari. Yakni handsanitizer, masker, sabun cair dan sabun batang. 

Kepala Bidang Logistik, Rehabilitasi dan Rekrontuksi BPBD Bondowoso, Tugas Riski Bahana mengatakan, bantu alat Prokes disalurkan pada Jumat (27/5/2022) kemarin.

Menurutnya, saat ini pemerintah telah melonggarkan aturan penggunaan masker. Tetapi bukan berarti bisa lengah. "Tetap harus mematuhi protokol kesehatan ketika beraktivitas di ruangan tertutup," kata dia, Sabtu (28/5/2022).

Berdasarkan hal itu, pihaknya tetap memberikan bantuan peralatan protkes ke Desa Pelalangan. Sebagaimana permintaan yang mereka ajukan.  Apalagi jika mengacu pada Imendagri nomor 26 tahun 2022 Bondowoso masih level 2. "Karena itu protkes ya tetap harus dipatuhi," imbuh dia.

Peralatan prokes tersebut akan dibagikan ke lembaga-lembaga pendidikan PAUD, TK, musala, masjid, rukun kifayah, majelis solawatan dan kelompok masyarakat lainnya. "Sebagaimana sesuai surat permohonan dari desa yang kami terima," paparnya. 

Menurutnya, penyaluran peralatan prokes untuk lembaga-lembaga tersebut juga sebagai bentuk antisipasi pemerintahan dalam hal menangani penyebaran Covid-19. 

"Monggo misal pemerintah desa ingin mengajukan permohonan peralatan prokes bisa bersurat ke BPBD Bondowoso, akan kita tindak lanjuti dengan dropping selama stok persediaan kami masih ada," paparnya. 

BPBD Bondowoso berharap desa atau kelurahan sebagai ujung tombak pemerintahan untuk tidak lengah dan selalu menerapkan protokol kesehatan meskipun Covid-19 sudah mereda.  "Bukan cuma prokes. Vaksinasi juga perlu digenjot," jelas dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES