Peristiwa Daerah

Kenalkan Produk Warga Binaan, Lapas Banjar Gelar Pameran Produk

Sabtu, 28 Mei 2022 - 13:11 | 213.82k
Kalapas Banjar saat memberikan sambutan dalam kegiatan one day one product prison (foto: Susi/TIMES Indonesia)
Kalapas Banjar saat memberikan sambutan dalam kegiatan one day one product prison (foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARLapas Banjar menggelar One Day One Prison Product And Prison Art Show. Acara ini merupakan serangkaian kegiatan yang menampilkan bakat serta memamerkan seni dan kerajinan hasil dari pembinaan dan pembimbingan yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjar.

Gelaran One  Day One Prison Product and Prison Art Show ini digelar di Lapangan Lapas Banjar, Sabtu (28/5/2022).

Suguhan acara menarik dan apik ini menampilkan talenta-talenta 
berbakat para warga binaan dan pegawai Lapas Banjar, mulai dari keterampilan Bela Diri Bandung Karate Club (BKC), Fashion Show produk karya Warga Binaan, pertandingan persahabatan olahraga, Band perform dan pameran hasil karya warga binaan.

Kalapas Banjar Muhammad Maulana menerangkan program pembinaan yang diberikan bagi binaan yang meliputi pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian bertujuan untuk mengembalikan hubungan 
hidup, kehidupan dan penghidupan bagi warga binaan.

 "Sehingga ketika mereka kembali ke masyarakat bisa menjadi bekal yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara," jelas Kalapas.

Untuk mencapai tujuan, ada tiga elemen penting diantaranya pegawai, warga binaan dan masyarakat. 

 "Kami senantiasa bersinergi dalam segala kegiatan, khususnya kegiatan kali ini yang kami laksanakan dengan dukungan dari Pemerintah Daerah Kota Banjar serta stakeholder dan mitra kerja yang senantiasa peduli dengan Lapas Banjar," ujarnya.

Salah satu cara menyalurkan hasil dari pembinaan mereka, lanjut Kalapas, adalah dengan kegiatan One Day One Prison 
Product. 

 "Beberapa diantaranya kami tadi telah tampilkan berbagai produk diantaranya hasil pertanian, kerajinan tangan, sablon, anyaman piring lidi dan jenis produk menarik lainnya," paparnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan One Day One Prison Product sebagai strategi pemasaran produk hasil karya warga binaan kepada masyarakat serta mengajak masyarakat untuk membeli hasil karya warga binaan. 

Selain mendukung keterampilan warga binaan juga untuk mendapatkan profit, dan dari profit ini disetorkan sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)

 “Hasilnya nanti kembali ke modal, dan ada premi juga untuk warga binaan yang sudah membuatnya. Ini tentunya meningkatkan PNBP, karena setiap Lapas dan Rutan seluruh Indonesia ditarget untuk memenuhi PNBP setiap tahunnya dengan nominal yang berbeda-beda," tuturnya.

Melalui pembinaan kemandirian, warga binaan selama ini diberikan pendampingan agar dapat menghasilkan 
karya-karya yang baik. 

"Dengan karya tersebut, diharapkan juga warga binaan ke depan dapat mengelola usahanya sendiri ketika sudah selesai menjalani pembinaan dan kembali ke masyarakat," harap Kalapas Banjar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES