Kopi TIMES

Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dan Sains

Sabtu, 28 Mei 2022 - 10:28 | 58.44k
Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dan Sains
Khairudin, Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang.
Editor: Ronny Wicaksono

TIMESINDONESIA, MALANG – Integrasi agama dan sains merupakan problem yang cukup menarik untuk diperbincangkan dan diteliti. Berbagai kajian, baik sebagai tema seminar maupun penelitian sudah banyak dilakukan, namun problem integrasi agama dan sains tetap menjadi diskusi yang menyedot perhatian para ilmuan.

Dalam dekade terakhir, banyak seminar diselenggarakan, banyak buku yang diterbitkan, dan banyak jurnal nasional maupun internasional yang membahas integrasi agama dan sains ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa perbincangan dan penelitian mengenai tema ini masih belum menemukan konsep yang jelas, sehingga masih diperlukan berbagai penelitian yang lebih serius untuk melahirkan konsep-konsep baru yang dapat memberi arahan praktis-operasional dalam implementasinya, termasuk implementasinya dalam sistem pembelajaran, baik di sekolah maupun di perguruan tinggi. 

Melihat akan pentingnya intergrasi pada Pendidikan Agama Islam membuat Khairudin yang juga salah satu mahasiswa program Doktor Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang menjadikannya sebagai penelitian disertasi. Penelitian yang mengambl studi kasus di salah satu Sekolah Menengah Atas  (SMA) yang ada di Malang.

Banyak sekolah/madrasah maupun perguruan tinggi yang memiliki visi pengembangan ilmu dan pengembangan sistem pembelajaran yang mengedepankan integrasi agama Islam dan sains, namun tetap saja belum memadai untuk dijadikan pegangan. Sekolah/madrasah dan perguruan tinggi di Indonesia, sesuai dengan tuntutan normatif kehidupan berbangsa yang berpancasila, memerlukan bentuk-bentuk pemenuhan peran bersama antara agama dan sains dalam memajukan kehidupan berbangsa. Baik agama maupun sains, keduanya harus dapat diintegrasikan dalam kehidupan. Nilai-nilai moral agama dibutuhkan bersamaan dengan nilai-nilai sains dan teknologi dalam menjalankan berbagai aspek kehidupan. 

Di Indonesia sendiri, banyak tokoh-tokoh yang memberikan perhatian tentang integrasi agama Islam dan sains. Di antara nama pelopor integrasi tersebut, AM. Saifuddin, Kuntowijoyo, Usep Fahuthuddin, Mulyadi Kartanegara, Amin Abdullah. Satu tokoh yang paling serius melakukan integrasi agama dan sains adalah Amin Abdullah, dalam sejumlah tulisannya sangat aktif dalam mengkampanyekan ide-ide integrasi keilmuan dalam upaya mengakhiri linearitas ilmu yang bersifat monodisiplin. 

Menurut Abdullah, (2020) pengintegrasian antara agama (Islam) dan sains seakan-akan tidak bisa dihindarkan, bahkan telah menjadi keharusan untuk membangun peradaban manusia yang gemilang menjadi keniscayaan. Saat ini, agama tidak hanya dipahami semata-mata terkait dengan masalah ke-Tuhanan, kepercayaan, pandangan hidup, dan ultimate concern. Selain sifat konvensional, ternyata agama juga terkait-erat dengan dengan persoalan-persoalan historis-kultural, sosiologis, sains, ekonomi, kesehatan dan sebagainya. 

Saat persiapan untuk ujian Promosi Doktor yang dadakan pada 28 Mei 2022, Kairudin menjelaskan bahwa integratif PAI dan sains ini menjadi hal menarik untuk teliti. 

“Hal ini sebagai salah satu upaya menghilangkan dikotomi antara PAI dan sains yang terjadi selama ini, sehingga antara pendidikan agama Islam dan sains saling menguatkan antara satu sama lain” Ujarnya.

Ia memilih SMA Ar-Rohmah yang berlokasi di daerah Dau Malang sebagai tempat penelitian karena tergambar dengan jelas visi, misi serta tujuan SMA Ar-Rohmah Dau Malang melaksanakan pendidikan yang integratif. Misi SMA Ar-Rohmah Dau Malang melaksanakan proses pendidikan integral dengan memadukan aspek tarbiyah, ruhiyah, aqliyah dan jismiyah dalam membentuk siswa yang taqwa, cerdas dan mandiri.

Pendidikan integral yang diterapkan seklah tersebut dalam pelaksanaan pembelajarannya sangat kuat dan menjadi kesatuan yang tidak terpisahkan. Secara normatif, konsep pendidikan integral dilaksanakan SMA Ar-Rohmah Dau Malang merupakan perintah dalam ajaran Islam dan terinspirasi beberapa surah dan ayat dalam al-Qur’an antara lain, 1) surah Al-Alaq: 1-5, ayat ini mengandung hikmah yang dapat dijadikan sebagai bekal hidup salam di dunia. 2) surah al-Qalam: 1-7; 3) surah al-Muzzamil: 1-10; 4) surah al-muddatsir: 1-10; 5) surah al-Fatihah: 1-7. Empat surah pertama diyakini mengandung nilai-nilai yang akan membentuk konstruksi peradaban Islam, sebagaimana yang digambarkan dalam surah kelima, yaitu surah Al-Fatihah.

Model pembelajaran SMA AR-Rohmah Dau Malang menggunakan model pembelajaran integratif dengan cara menghubungkan beberapa mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Dalam hal ini memadukan antara pendidikan umum (kurikulum Dinas pendidikan dan kebudayaan) dan pendidikan agama Islam (kurikulum pesantren/kurikulum diniyah).

Adapun model pembelajaran integratif di SMA Ar-Rohmah Dau Malang adalah 4 model yaitu Model Terhubung (Connected) yang mengintegrasikan topik-topik dalam satu disiplin ilmu, satu topik dengan topik lain, satu keterampilan dengan keterampilan lain, tugas yang dilakukan pada satu hari dengan hari berikutnya, ataupun ide-ide yang dipelajari pada satu semester dengan ide-ide yang dipelajari pada semester berikutnya dalam satu bidang studi, seperti bidang studi pendidikan agama Islam (PAI). 

Berikutnya model Sarang (Nested) yang pengintegrasian kurikulumnya dalam satu disiplin ilmu secara khusus meletakkan focus pengintegrasian pada sejumlah ketrampilan belajar yang ingin dilatihkan oleh guru. Lalu ada Model Jaring Laba-laba (Webbed) dimana sebuah peta konsep yang dirancang  menggambarkan bangunan keilmuan yang terbentuk dalam jaringan laba-laba. Model ini mencakup tiga integrasi, yaitu, integrasi implementasi, integrasi materi pembelajaran dan integrasi proses pembelajaran.

Model terakhir yang diterapkan adalah Model Keterpaduan (Integrated) yang menggunakan pendekatan antar bidang studi. Model-model tersebut diimplementasikan agar siswa mampu menganalisis suatu persoalan dalam proses pembelajaran, mampu mengkaitkan dan menghubungkan antara mata pelajaran satu dengan yang lainnya, siswa terbiasa memberi gagasan-gagasan baru atau ide-ide yang ada dalam pikirannya, lebih aktif dan inovatif sehingga terwujud pemikiran-pemikiran yang kritis. Dengan munculnya ide-ide baru diharapkan siswa mampu berpikir kritis dalam proses pembelajaran, mampu menjelaskan konsep agama dengan sains dalam kehidupan siswa.

*) penulis, Khairudin, Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

EKORAN

TERBARU

  • Cara Mencuci Cobek Batu yang Tepat agar Bebas Belatung¬†
    Cara Mencuci Cobek Batu yang Tepat agar Bebas Belatung 
    25/06/2022 - 14:12
  • Pj Bupati Morotai: Mencegah Stunting Butuh Dukungan Semua Pihak
    Pj Bupati Morotai: Mencegah Stunting Butuh Dukungan Semua Pihak
    25/06/2022 - 13:42
  • Ponpes Darul Hikam Undang Mahasiswa Washington State University Berbagi Tips Raih Beasiswa LPDP
    Ponpes Darul Hikam Undang Mahasiswa Washington State University Berbagi Tips Raih Beasiswa LPDP
    25/06/2022 - 13:36
  • Hasil Latihan Bebas MXGP Samota 2022: Tim Gajser Tercepat
    Hasil Latihan Bebas MXGP Samota 2022: Tim Gajser Tercepat
    25/06/2022 - 13:30
  • Ziarah (Imajiner) Makam Bung Karno: 'Gerakan Hidup Baru'
    Ziarah (Imajiner) Makam Bung Karno: 'Gerakan Hidup Baru'
    25/06/2022 - 13:24

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Ziarah (Imajiner) Makam Bung Karno: 'Gerakan Hidup Baru'
    Ziarah (Imajiner) Makam Bung Karno: 'Gerakan Hidup Baru'
    25/06/2022 - 13:24
  • Penghapusan Tenaga Honorer, Menyelesaikan atau Membuat Masalah?
    Penghapusan Tenaga Honorer, Menyelesaikan atau Membuat Masalah?
    25/06/2022 - 11:18
  • Sketsa TWKM ke-32 Mahasiswa Pecinta Alam se-Indonesia
    Sketsa TWKM ke-32 Mahasiswa Pecinta Alam se-Indonesia
    25/06/2022 - 00:51
  • Catatan Ketua MPR RI: Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda
    Catatan Ketua MPR RI: Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda
    24/06/2022 - 09:32
  • Koalisi Parpol, Upaya Membatasi Gerak Politik PDIP Pada Pilpres 2024?
    Koalisi Parpol, Upaya Membatasi Gerak Politik PDIP Pada Pilpres 2024?
    23/06/2022 - 14:12
  • Memaknai Burung Enggang dalam Motif Batik Suku Dayak Kalimantan Tengah
    Memaknai Burung Enggang dalam Motif Batik Suku Dayak Kalimantan Tengah
    23/06/2022 - 12:18
  • Terorisme dan Kritisisme
    Terorisme dan Kritisisme
    23/06/2022 - 01:34
  • Konstitusionalitas Durasi Kampanye Pemilu 2024
    Konstitusionalitas Durasi Kampanye Pemilu 2024
    22/06/2022 - 17:46

KULINER

  • Resep Cobek Bakar, Aromanya Bikin Keluarga Ngumpul
    Resep Cobek Bakar, Aromanya Bikin Keluarga Ngumpul
    25/06/2022 - 12:02
  • Bosan dengan Olahan Sapi Biasa? Yuk Intip Resep Satu Ini!
    Bosan dengan Olahan Sapi Biasa? Yuk Intip Resep Satu Ini!
    25/06/2022 - 01:36
  • Watermelon Lemonade Smoothie, Si Semangka Merah Penghilang Dahaga
    Watermelon Lemonade Smoothie, Si Semangka Merah Penghilang Dahaga
    24/06/2022 - 05:31
  • Martabak Black Ajipp, Cemilan Inovatif Bandung yang Tak Kalah Legit
    Martabak Black Ajipp, Cemilan Inovatif Bandung yang Tak Kalah Legit
    24/06/2022 - 00:17
  • JW Marriott Surabaya Buka Gerai Wine & Co
    JW Marriott Surabaya Buka Gerai Wine & Co
    23/06/2022 - 21:32