Peristiwa Daerah

Ratusan Pencaker Lulusan SMA di Banyuwangi, Pilih Jadi TKI!  

Jumat, 27 Mei 2022 - 18:13 | 28.91k
Pemohon Kartu tanda Pencari Kerja Di Mall Pelayanan Publik Banyuwangi (Foto : Imam Hamdani TIMESIndonesia)
Pemohon Kartu tanda Pencari Kerja Di Mall Pelayanan Publik Banyuwangi (Foto : Imam Hamdani TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banyuwangi mencatat melonjaknya angka pencari kerja (Pencaker) di bumi Blambangan.

Setidaknya ada 884 pencaker, dengan lulusan SMA/SMK/Sederajat sebagai angka dominan. Terhitung mulai dari januari hingga pertengahan Mei 2022.

Sebagai pemohon pembuatan Kartu Tanda Pencari Kerja (AK1), para pencaker pun membludak untuk melengkapi administrasi di Disnakertrans Banyuwangi.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Banyuwangi, Adi Rijanto mengatakan, ada peningkatan 45 persen pemohon datang hingga bulan Mei 2022, rata-rata mereka para pelajar yang baru lulus sekolah. 

"Di kategori pendidikan ini, pemohon kartu tanda pencari kerja paling banyak merupakan lulusan SMA/SMK/Sederajat sebesar 45,43% atau 403 orang dari keseluruhan total pemohon," ungkap Adi Rijanto Kepada TIMES Indonesia.

Selain lulusan pendidikan SMA dan Sederajat, masih Adi menjelaskan jika pencaker juga dengan latar belakang lulusan DI/DII/DIII sebesar 0,9 persen, sementara untuk lulusan DIV/S1/S2/S3 sebesar 4,51 persen. 

“Dengan besarnya presentase pemohon kartu pencari kerja AK-1 ini didominasi mereka yang ini bekerja ke luar negeri, sebagain contohnya negara Taiwan," ujarnya.

Dalam hal pembuatan kartu AK-1, para Pencaker dapat mengajukan hal tersebut serta mencetak secara mandiri dengan mangakses nakertrans.banyuwangikab.go.id atau dapat datang langsung ke Mall Palayanan Publik Kabupaten Banyuwangi. "Pemohon diwajibkan memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu, seperti KTP, Ijazah terakhir, dan foto ukuran 3×4 berwarna guna untuk menghindari penumpukan antrean di lobi,” pungkasnya. (*)

Pewarta: Imam Hamdani

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES