Indonesia Positif UIN Malang

Wujudkan Kampus Bereputasi Internasional, KUI UIN Maliki Malang Sinau ke UGM

Jumat, 27 Mei 2022 - 16:21 | 24.15k
Kunjungan KUI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke Universitas Gadjah Mada (UGM) beberapa waktu lalu. (Foto: Humas UIN Malang)
Kunjungan KUI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke Universitas Gadjah Mada (UGM) beberapa waktu lalu. (Foto: Humas UIN Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kantor Urusan Internasional (KUI) UIN Maliki Malang (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) melakukan benchmarking tata kelola kantor urusan internasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kegiatan yang berlangsung Rabu, (25/5/2022) ini dalam rangka mewujudkan kampus yang bereputasi internasional seperti yang dicita-citakan UIN Maliki Malang.

Pihaknya melakukan kunjungan untuk menguatkan kualitas mutu tata kelola kantor urusan internasional yang berada di UIN Maliki Malang.

UGM saat ini sebagai instansi pendidikan yang memiliki pengalaman dalam pengelolaan kampus yang terbaik terutama dalam pengelolaan kantor urusan internasional.

Kantor Urusan Internasional UGM merupakan satu-satunya kampus di seluruh Indonesia yang memiliki Unit sendiri dalam pengurusan imigrasi yang disebut dengan Unit Kerja Kantor (UKK) imigrasi yang berlokasi di dalam kampus.

Kasubdit Kerja Sama Internasional I Made Andi Arsana memaparkan bahwa pentingnya penegasan dan dan focusing tugas fungsi pokok kantor urusan internasional.

“Selama ini di kampus UGM menerapkan sistem yang kolaboratif antar bagian terkait akademik, kerjasama maupun keuangan," katanya.

Selain itu, penerapan strategi pendataan mahasiswa asing yang terintegratif terhadap bagian-bagian yang terkait baik itu akademik, keuangan dan kemahasiswaan. Universitas Gadjah Mada membuat sistem (E-Master) terupdate dengan data mahasiswa asing secara detail.

"Jadi siapapun yang ingin melihat informasi mahasiswa asing dapat melalui sistem tersebut," ujarnya.

Untuk diketahui, Kantor Urusan Internasional (KUI) UIN Maliki Malang merupakan unit layanan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang berfungsi memberikan layanan kepada sivitas akademika baik dalam maupun luar negeri terkait urusan internasional mulai dari layanan informasi pendidikan bagi mahasiswa atau calon mahasiswa internasional, informasi kerjasama dengan pihak luar negeri, kegiatan/even berskala internasional hingga layanan keimigrasian.

Unit ini memiliki visi membantu mewujudkan cita-cita Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi salah satu universitas pendidikan bertaraf internasional (world-class university) yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan serta meningkatkan peran dalam kancah internasional.

Berbagai upaya yang dilakukan KUI UIN Maliki Malang di antaranya melakukan kegiatan promosi universitas baik di dalam maupun luar negeri, terlibat dalam kegiatan internasionalisasi, mengembangkan jaringan dan kerjasama internasional antara UIN Maliki Malang dengan institusi pendidikan/non-pendidikan di luar negeri, serta melaksanakan program pengembangan akademik/non-akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, SDM, sistem pengelolaan universitas yang berwawasan internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES