Peristiwa Daerah

Sejumlah Komunitas Bersihkan Alun-Alun Bondowoso, Terkumpul Dua Kuintal Sampah

Kamis, 26 Mei 2022 - 20:57 | 48.55k
Kegiatan bersih-bersih sampah oleh empat komunitas di Alun-Alun RBA Ki Ronggo Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kegiatan bersih-bersih sampah oleh empat komunitas di Alun-Alun RBA Ki Ronggo Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sejumlah komunitas di Kabupaten Bondowoso, melakukan bakti sosial membersihkan sampah di Alun-Alun RBA Ki Ronggo (Alun-alun Bondowoso), Kamis (26/5/2022) sore.

Empat komunitas tersebut terdiri dari Gereja Katolik Jawi Wetan (GKJW), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gus Durian, dan Bank Sampah Indonesia (BSI). Mereka menggelar kegiatan 'Gerebek Sampah'.

Sampah-sampah yang dikumpulkan tersebut dipilah antara sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik akan dikelola BSI Kabupaten Bondowoso.

Koordinator Aksi, Hanis Pristiwanto mengatakan, dari kegiatan tersebut terkumpul 30 kantong sampah. Kemudian diangkut dua kendaraan roda tiga. 

"Jika dikonversi dalam berat, jumlahnya mencapai dua kuintal. Jenis sampahnya sendiri beragam, mulai organik dan anorganik. Selanjutnya akan dipilah," kata dia.

Adapun tujuan kegiatan itu kata dia, untuk mengedukasi bahwa sampah bukan hanya urusan pemerintah. Tetapi masalah semua pihak, masalah bersama.

"Paling tidak dengan ini kita sedikit berkontribusi, bagaimana kita bisa berperan. Akan diupayakan di titik lain," jelas dia saat dikonfirmasi. 

Sementara itu, Kabid Perlindungan Lingkungan Hidup dan Keanekaragaman Hayati pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Syahrial Fary mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan oleh empat komunitas tersebut. 

Tentu hal itu kata dia, menjadi pembelajaran pada semua pihak bahwa sampah menjadi tanggung jawab bersama. "Ini menjadi sebuah kegiatan yang bisa dilanjutkan," imbuhnya.

Bakti sosial di Alun-Alun Bondowoso tersebut sangat membantu pemerintah. Apalagi kata dia, alun-alun menjadi ikon Bondowoso yang segala aktivitas masyarakatnya memang banyak dilakukan di sana. 

Ke depan, pihaknya berharap empat komunitas ini pun bisa menyelenggarakan edukasi perihal sampah dalam bentuk lainnya. "Saya berterima kasih pada rekan-rekan komunitas," kata Syahrial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES