Peristiwa Daerah

Ponpes Nurul Jadid Tegaskan Kunjungan Gus Muhaimin Tak Bahas Pilbup Probolinggo

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:15 | 89.48k
Pengasuh Ponpes Nurul Jadid, KH. Moh Zuhri Zaini (kiri) menerima kunjungan Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar (dua dari kiri). (Foto: Saifullah for TIMES Indonesia)
Pengasuh Ponpes Nurul Jadid, KH. Moh Zuhri Zaini (kiri) menerima kunjungan Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar (dua dari kiri). (Foto: Saifullah for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kunjungan Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin ke Ponpes Nurul Jadid, Kabupaten Probolinggo, Jatim pada Selasa (24/5/2022) lalu, tak membahas agenda pemilihan bupati atau Pilbup Probolinggo.

Sekretaris Pesantren Nurul Jadid, Faizin Syamwil mengatakan, kunjungan Muhaimin ke sejumlah pesantren untuk silaturrahim dan ziarah ke maqbaroh. Selain ke Nurul Jadid, Pesantren Riyadlus Sholihin dan Badridduja juga dikunjungi.

"Membangun kekuatan santri, minta izin mau nyapres. Jadi ini persoalan pusat, bukan lokal," kata Faizin kepada TIMES Indonesia.

Di Pesantren Nurul Jadid, pria yang disebut dengan panglima santri itu ditemui Pengasuh KH. Moh. Zuhri Zaini, Kepala Pesantren KH. Abd. Hamid Wahid, Kepala Biro Kepesantrenan KH. Fahmi AHZ, dan keluarga pesantren lainnya.

Ponpes-Nurul-Jadid-2.jpg

"Kiai tentu menerima segala tamu. Hal-hal yang berkaitan dengan bupatian itu belum dibahas," tambah Faizin.

Ia menyatakan, hal ini perlu disampaikan karena tak sedikit yang menyebut kunjungan Gus Muhaimin membahas Pilbup Probolinggo 2024, terutama di Nurul Jadid. "Jadi ini (keterangan, Red) untuk menepis isu tersebut," ungkapnya.

Menurutnya, pesantren mengapresiasi munculnya banyak figur berkaitan dengan Pilbup Probolinggo 2024. Hal itu dinilai baik, sehingga masyarakat memiliki banyak alternatif untuk menentukan calon pemimpin ke depan. "Pesantren belum menentukan sikap," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Gus Muhaimin melakukan kunjungan ke sejumlah pesantren dan maqbarah di Kota/Kabupaten Probolinggo, Jatim, Selasa (24/5/2022). Kunjungan itu merupakan salah satu upaya dalam menghadapi kontestasi politik tahun 2024 mendatang.

Dalam kunjungan itu, Gus Muhaimin didampingi oleh sejumlah elit PKB. Di antaranya Faisol Riza, Ketua Komisi VI DPR RI; Abdul Malik Haramain, Ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo; dan Habib Hadi Zainal Abidin, Dewan Syuro PKB Kota Probolinggo, yang juga wali kota setempat.

Pesantren dan maqbarah yang dikunjungi di kota mangga ini, yakni Ponpes Riyadus Solihin, Ketapang, Kota Probolinggo; Ponpes Badridduja Kraksaan; dan Ponpes Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES